Thursday, September 12, 2019

Pintar Pelajaran Siklus Nitrogen Di Atmosfer Dan Di Dalam Tanah : Pengertian, Proses, Tahapan

Atmosfer mengandung lebih kurang 80% atom nitrogen dalam bentuk gas nitrogen (N2). Di dalam organisme, nitrogen ditemukan dalam semua asam amino yang merupakan penyusun protein. Bagi tumbuhan, nitrogen tersedia dalam bentuk amonium (NH4+) dan nitrat (NO3-) yang masuk ke dalam tanah melalui air hujan dan pengendapan debu-debu halus atau butiran lainnya. Beberapa tumbuhan, seperti menyerupai Bromeliaceae epifit yang ditemukan di hutan hujan tropis, memiliki akar udara yang sanggup mengambil NH4+ dan NO3- secaralangsung dari atmosfer. (Baca juga : Siklus Biogeokimia)

Jalur lain penambahan nitrogen dalam ekosistem ialah melalui fiksasi nitrogen (nitrogen fixation). Fiksasi nitrogen merupakan proses perubahan gas nitrogen (N2) menjadi mineral yang dipakai untuk mensintesis senyawa organik menyerupai asam amino. Nitrogen difiksasi oleh basil Rhizobium, Azotobacter, dan Clostridium yang hidup bebas dalam tanah. Selain dari sumber alami, kini ini fiksasi nitrogen dibuat secara industri yang dipakai sebagai pupuk. Pupuk bernitrogen ini menunjukkan proteksi utama dalam siklus nitrogen di suatu ekosistem jawaban aktivitas pertanian.

Meskipun flora sanggup memakai amonium secara langsung, tetapi sebagian besar amonium dalam tanah dipakai oleh bakteri aerob tertentu sebagai sumber energi. Aktivitas ini mengubah amonium menjadi nitrat (NO3-) kemudian menjadi nitrit (NO2-). Proses ini disebut nitrifikasi. Nitrat yang dibebaskan basil ini kemudian diubah oleh flora menjadi bentuk organik, menyerupai asam amino dan protein. Beberapa binatang akan mengasimilasi nitrogen organik dengan cara memakan flora atau binatang lain. Pada kondisi tanpa oksigen (anaerob), beberapa basil sanggup memperoleh oksigen untuk metabolisme dari senyawa nitrat. Proses ini disebut denitrifikasi. Akibat proses ini, beberapa nitrat diubah menjadi N2 yang kembali ke atmosfer. Perombakan dan penguraian nitrogen organik kembali menjadi amonium yang disebut amonifi kasi dilakukan oleh basil dan jamur pengurai. Proses-proses tersebut akan mendaur ulang sejumlah besar nitrogen di dalam tanah. Untuk lebih jelasnya, perhatikan Gambar 1.
dalam semua asam amino yang merupakan penyusun protein Pintar Pelajaran Siklus Nitrogen di Atmosfer dan di dalam Tanah : Pengertian, Proses, Tahapan
Gambar 1. Siklus nitrogen
Anda kini sudah mengetahui Siklus Nitrogen. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Widayati, S., S. N. Rochmah dan Zubedi. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 290.

No comments:

Post a Comment