Sunday, December 1, 2019

Pintar Pelajaran Filum Chrysophyta (Ganggang Keemasan) : Pengertian Ciri-Ciri Pola Reproduksi Struktur Sel

Filum Chrysophyta (Ganggang Keemasan) : Pengertian Ciri-ciri Contoh Reproduksi Struktur Sel - Alga Chrysophyta disebut juga ganggang keemasan (golden algae) atau ganggang pirang. Istilah Chrysophyta berasal dari bahasa Yunani, chrysos yang berarti ‘keemasan’. Warna keemasan disebabkan karena ganggang ini mempunyai pigmen berupa karoten dan santofil yang jumlahnya dominan dibandingkan dengan klorofil a dan c. Sebagian besar kelompok ganggang keemasan yaitu uniseluler tetapi ada pula yang membentuk koloni. Sel-sel alga ini mempunyai dua flagella sehingga disebut sebagai biflagellata. Kedua flagellanya terpaut di bersahabat salah satu ujung sel. Sebagian besar anggota Filum ini hidup sebagai plankton air tawar dan air laut. Dynobryon merupakan alga pirang yang membentuk koloni di air tawar.

Filum Chrysophyta terdiri atas sekitar 5.300 jenis, dan 5.000 di antaranya yaitu diatom. 
Alga Chrysophyta disebut juga ganggang keemasan  Pintar Pelajaran Filum Chrysophyta (Ganggang Keemasan) : Pengertian Ciri-ciri Contoh Reproduksi Struktur Sel
Gambar 2. Mofologi beberapa jenis diatom (Wikimedia Commons)
Anda kini sudah mengetahui Filum Chrysophyta. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Widayati, S., S. N. Rochmah dan Zubedi. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 290.

No comments:

Post a Comment