Sunday, December 1, 2019

Pintar Pelajaran Pola Jenis Protista Yang Menyerang / Merugikan Insan Dan Hewan

Contoh Jenis Protista yang Menyerang / Merugikan Manusia dan Hewan - Beberapa anggota Protozoa yang bersifat benalu sering menyebabkan penyakit pada insan dan hewan. Misalnya Entamoeba ginggivalis merupakan Rhizopoda benalu dalam badan manusia. Entamoeba ginggivalis mengakibatkan kerusakan gigi dan gusi (penyakit ginggivitis), sedangkan Entamoeba hystolitica mengakibatkan desentri. Beberapa jenis Trypanosoma juga mengakibatkan penyakit pada hewan dan manusia. Organisme tersebut antara lain Trypanosoma gambiense dan Trypanosoma rhodesiense, mengakibatkan penyakit tidur pada insan di benua Afrika. Hospes mediator Trypanosoma gambiense yakni lalat Tse tse jenis Glosina palpalis, sedangkan hospes perantara Trypanosoma rhodesiense yakni lalat Tse tse jenis Glosina morsitans. Trypanosoma evansi mengakibatkan penyakit surra (malas) pada binatang ternak. Hospes perantaranya yakni lalat Tabanus. Contoh yang lain yakni Trychomonas v*ginalis, mengakibatkan penyakit pada alat kelamin perempuan (keputihan) dan juga pada kanal kelamin pria. (Baca juga : Manfaat Protista)

Trypanosoma cruzi, mengakibatkan penyakit chagas (anemia) pada anak-anak. Trypanosoma brucei, mengakibatkan penyakit nagana pada hewan ternak. Leismenia donovani, mengakibatkan penyakit kala azar (leishmaniasis) pada manusia. Penyakit ini ditandai dengan tanda-tanda hati dan limpa membengkak, serta demam yang berkepanjangan. Hospes perantaranya yakni nyamuk Pholobotomus. Anggota Sporozoa yang sering mengakibatkan penyakit adalah Plasmodium dan Toxoplasma. Plasmodium mengakibatkan penyakit malaria, sedangkan Toxoplasma sanggup mengakibatkan penyakit toxoplasmosis yang menyerang manusia, kucing, babi, dan kambing. Toxoplasmosis sanggup mengakibatkan radang pada hati, paru-paru, otot, saraf pusat, dan keguguran. Toxoplasma masuk ke dalam badan manusia melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi kista Toxoplasma dan tidak dimasak secara tepat dan sanggup hidup bertahun-tahun dalam tubuh manusia.
Beberapa anggota Protozoa yang bersifat benalu sering mengakibatkan Pintar Pelajaran Contoh Jenis Protista yang Menyerang / Merugikan Manusia dan Hewan
Gambar 1. Toxoplasma gondii (Credit: Photo by Jitender P. Dubey)
Protista ibarat jamur yang sering mengakibatkan masalah antara lain Saprolegnia yang bersifat benalu pada sisik dan insang ikan yang terluka dan Phytoptora infestans yang mengakibatkan penyakit late blight pada kentang.

Anda kini sudah mengetahui mengetahui Protista yang Menyerang / Merugikan Manusia dan Hewan. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Widayati, S., S. N. Rochmah dan Zubedi. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 290.

No comments:

Post a Comment