Sunday, December 1, 2019

Pintar Pelajaran Referensi Jenis Protista Yang Bersifat Menguntungkan Bagi Manusia

Contoh Jenis / Macam-macam Protista yang Bersifat Menguntungkan bagi Manusia - Minyak bumi merupakan salah satu sumber daya alam yang memerlukan penghematan dalam penggunannya. Keberadaan minyak bumi dalam suatu lapisan batuan sanggup dideteksi dengan ditemukannya Foraminifera. Sedangkan Radiolaria di dasar perairan akan membentuk tanah radiolarian. Tanah ini mengandung zat kersik yang dapat digunakan sebagai materi penggosok. Entamoeba coli hidup dalam usus besar insan dan membantu proses pembusukan sisa-sisa makanan dan mensintesis vitamin K. Ganggang merupakan anggota Protista yang memperlihatkan kontribusi, baik dalam penyediaan energi jaring-jaring masakan maupun dalam bidang industri. Pada ekosistem perairan, ganggang bertindak sebagai fitoplankton yang sanggup menghasilkan energi bagi organisme heterotrof sebab kemampuannya untuk melaksanakan fotosintesis. Sedangkan dalam bidang industri, ganggang sanggup dimanfaatkan sebagai bahan dalam industri es krim, agar-agar, kosmetik, materi pembuatan dinamit, dan sebagai materi penggosok. (Baca juga : Peranan Protista)

Dinding sel ganggang coklat (Phaeophyta) mengandung asam alginat yang sanggup dimanfaatkan sebagai pengemulsi dalam industri es krim, sebagai obat-obatan, dan cat. Laminaria lavaniea mengandung kalsium, sanggup dimanfaatkan sebagai pupuk pertanian dan makanan ternak. Sedangkan Laminaria digitalis sanggup dimanfaatkan sebagai penghasil yodium, untuk obat penyakit gondok.

Ganggang merah (Rhodophyta) sanggup dimanfaatkan sebagai bahan adonan dalam es, materi kosmetika, materi pembuatan agar-agar dan sebagai pemadat media pertumbuhan bakteri. Contoh spesies yang sering dimanfaatkan antara lain Gracilaria sp., Gellidium sp., dan Eucheuma spinosum.

Ulva, Caulerpa dan Enteromorpha sanggup dijadikan sebagai sumber makanan berupa sayur, sedangkan Chlorella sanggup dijadikan sebagai sumber masakan alternatif bergizi tinggi.

Tanah diatom merupakan deposit silika dari cangkang ganggang keemasan (Chrysophyta). Bahan ini sanggup dipakai sebagai agen penyaring untuk menjernihkan cairan, sebagai ampelas, dan penggosok perak. Tanah diatom juga sanggup dimanfaatkan sebagai materi isolasi, bahan pembuat dinamit, materi pembuat saringan, dan materi pasta gigi.

Chlorella Sebagai Sumber Makanan

Alternatif Bergizi Tinggi Ganggang hijau Chlorella, terutama dari jenis Chlorella vulgaris mengandung klorofil yang sanggup mencapai 2-3% dari beratnya. Chlorella juga mengandung protein dengan kadar 55-60%, Vitamin C, Vitamin E, Kalsium, Kalium dan Magnesium. Kandungan klorofil dan nutrien pada Chlorella inilah yang bermanfaat bagi kesehatan bila dikonsumsi.

Anda kini sudah mengetahui Protista yang Bersifat Menguntungkan. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Widayati, S., S. N. Rochmah dan Zubedi. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 290.

No comments:

Post a Comment