Saturday, November 30, 2019

Pintar Pelajaran Eubacteria (Bakteri) : Pengertian Ciri-Ciri Struktur Sel Pola Klasifikasi

Eubacteria (Bacteri) : Pengertian Ciri-ciri Struktur Sel Contoh Klasifikasi - Eubacteria mempunyai struktur yang berbeda dengan Archaebacteria dalam hal dinding selnya terdiri dari peptidoglikan, ribosomnya hanya mengandung satu jenis RNA-polimerase, dan membran plasmanya mengandung lipid dengan ikatan ester. Eubacteria merupakan kelompok bakteri sejati, merupakan mikroorganisme prokariotik yang hidup kosmopolit. Sampai dikala ini, lebih dari 5000 spesies basil telah dikenali, terdapat dalam jumlah yang sangat banyak di hampir semua habitat yang memungkinkan bagi mereka. Setiap gram tanah di kebun kita, misalnya, diperkirakan mengandung sebanyak 2 milyar bakteri. Bakteri juga ditemukan pada tumbuhan, hewan, pada semua jenis tanah, perairan (air tawar dan air asin), di dalam es di kutub, dalam kerikil bara dan minyak bumi, lapisan atmosfer, di dalam botol-botol tinta, dan hampir di semua daerah yang mungkin sanggup kita kunjungi. Bakteri sanggup dikelompokkan menurut bentuk tubuhnya, berdasarkan cara geraknya, menurut kebutuhannya akan oksigen, berdasarkan cara memperoleh energi dan karbon, serta menurut sifatnya terhadap pengecatan gram. Mari kita uraikan satu persatu.



c. Pengelompokkan Bakteri menurut Kebutuhannya akan Oksigen

d. Pengelompokan Bakteri menurut Cara Memperoleh Energi dan Karbon

e. Pengelompokan Bakteri menurut sifatnya terhadap pengecatan gram.

Beberapa pengelompokan di atas merupakan pengelompokan berdasarkan bentuk dan fungsi atau beberapa sifat saja, sedangkan pembagian tingkatan taksonomi bagi basil hingga dikala belum jelas. Para ahli sistematika telah mengusulkan banyak sekali pengelompokan bakteri. Mereka mengenal lusinan kelompok bakteri, tetapi kita hanya akan membahas lima kelompok yang umum. Kelima kelompok ini ialah Proteobakteria, bakteri gram-positif, Sianobakteri, Spirokaeta, dan Klamidia. Mari kita bahas satu persatu kelima kelompok basil tersebut.






Anda kini sudah mengetahui mengenai Bakteri. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Widayati, S., S. N. Rochmah dan Zubedi. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 290.

No comments:

Post a Comment