Saturday, November 30, 2019

Pintar Pelajaran Pengertian Organisme Prokariotik

Pengertian Organisme Prokariotik - Dalam mempelajari banyak sekali jenis makhluk hidup, para biolog menciptakan sistem pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup, yaitu usaha mengelompokkan banyak sekali jenis makhluk hidup ke dalam berbagai kelompok. Ketika muncul sistem pembagian terstruktur mengenai 4 kingdom, bakteri dan sianobakteri (ganggang hijau biru) digolongkan sebagai anggota Kingdom Monera. Monera merupakan kelompok organisme bersel tunggal (uniseluler) dan tidak mempunyai membran inti sel atau disebut prokariotik (dalam bahasa Yunani moneres berarti ‘tunggal’). Organisme prokariotik merupakan organisme yang paling banyak di bumi. Bahkan, jumlah organisme prokariotik yang berada di mulut, kulit, atau segumpal tanah jauh melebihi jumlah insan di bumi. Selain jumlahnya paling banyak, organisme prokariotik merupakan organisme yang paling gampang berkembangbiak dan memperbanyak diri. Organisme ini telah bertahan selama miliaran tahun. Prokariotik ialah sel pertama yang merupakan awal dari seluruh kehidupan di bumi.
Dalam mempelajari banyak sekali jenis makhluk hidup Pintar Pelajaran Pengertian Organisme Prokariotik
Gambar 1. Antoonie van Leeuwenhoek dan mikroskop temuannya
Anggota terbesar kelompok organisme prokariotik ialah bakteri. Penelitian perihal kuman dimulai ketika Antoonie van Leeuwenhoek menemukan mikroskop pertama kali pada selesai masa ke-17 (Gambar 1). Leeuwenhoek (1632-1723) ialah ilmuwan Belanda pertama yang merancang dan membuat mikroskop berlensa tunggal. Dengan mikroskop buatannya, pada tahun 1683, beliau menjadi orang pertama yang melihat bakteri. Ia membuat skema kuman yang ditemukan dari giginya sendiri. Sejak ketika itu, studi perihal makhluk-makhluk kecil mulai ulet dilaksanakan. Beberapa jago yang mempelajari jasad renik antara lain Pasteur, Davaine, Koch, dan Winogradsky. Ilmu tentang jasad renik ini disebut mikrobiologi. Pada masa ke-20, mikrobiologi terpecah menjadi mikrobiologi tanah dan mikrobiologi industri. Selain itu, kuman dipelajari secara khusus dalam bakteriologi.

Dahulu organisme prokariotik dikelompokkan ke dalam Kingdom Monera. Dalam sistem pembagian terstruktur mengenai terbaru, organisme prokariotik dikelompokkan ke dalam dua domain, yaitu Domain Bacteria dan Domain Archaea. Sedangkan semua organisme eukariotik dikelompokkan menjadi satu domain, yaitu Domain Eucharea. Dengan sistem klasifikasi tersebut Kingdom Monera sudah tidak ada lagi alasannya anggota-anggotanya sudah naik ke kategori domain. (Eubacteria menjadi Domain Bacteria dan Archaeobacteria menjadi Domain Archaea). (Sumber: Campbell, Reece, Mitchel, 2003, hlm. 106.)




Anda kini sudah mengetahui Pengertian Organisme Prokariotik. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Widayati, S., S. N. Rochmah dan Zubedi. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 290.

No comments:

Post a Comment