Saturday, November 30, 2019

Pintar Pelajaran Pengelompokan / Sistem Pembagian Terstruktur Mengenai Organisme Prokariotik

Pengelompokan / Sistem Klasifikasi Organisme Prokariotik - Dalam sistem penjabaran tradisional lima kingdom, organisme prokariotik menyusun Kingdom Monera, sedangkan organisme eukariotik menyusun empat kingdom lainnya, yaitu Protista, Plantae, Fungi, dan Animalia. Berdasarkan analisis molekuler, Monera dibagi ke dalam dua filum, yaitu Archaebacteria dan Eubacteria. Pada penjabaran yang sekarang, ke dua filum tersebut telah diangkat menjadi dua domain tersendiri, yaitu Domain Archaea dan Domain Bacteria. Terlepas dari perubahan kedudukan dalam kategori taksonominya, kedua kelompok tersebut tetap merupakan kelompok prokariotik menyerupai pembagiannya dalam Dunia Monera.

Organisme prokariotik adalah organisme yang tidak mempunyai membaran inti, umumnya bersel tunggal (uniselular), mempunyai dinding sel, umumnya tidak berklorofil, dan hidup bebas atau sebagai parasit.

1. Archaebacteria (Archaea)

2. Eubacteria (Bacteria)

Anda kini sudah mengetahui Klasifikasi Organisme Prokariotik. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Widayati, S., S. N. Rochmah dan Zubedi. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 290.

No comments:

Post a Comment