Saturday, November 30, 2019

Pintar Pelajaran Pencemaran Lingkungan : Pengertian Dan Macam-Macam

Pencemaran Lingkungan : Pengertian dan Macam-macam - Pencemaran lingkungan atau polusi terjadi di suatu tempat, ketika di sana terdapat suatu perubahan yang tidak diinginkan. Perubahan-perubahan tersebut mencakup perubahan udara, daratan, dan air secara fisik maupun kimia. Penyebab pencemaran yaitu kegiatan manusia terutama di bidang industri, yang menghasilkan limbah atau hasil buangan sisa produksi. Limbah yaitu suatu benda atau zat yang mengandung substansi yang berbahaya bagi makhluk hidup, baik manusia, hewan, tumbuhan, maupun mikroorganisme. Selain acara industri, limbah juga dihasilkan dari kegiatan rumah tangga, bengkel-bengkel, laboratorium, dan penggunaan pupuk yang berlebihan di bidang pertanian. Apabila limbah-limbah tersebut dibuang begitu saja ke lingkungan tanpa didahului proses pengolahan atau dibuang pada tempat-tempat yang tidak seharusnya, maka akan timbul pencemaran. (Baca juga : Permasalahan Lingkungan)

Limbah dan zat-zat lain penyebab pencemaran secara umum disebut sebagai polutan atau zat pencemar. Polutan atau faktor penyebab polusi sanggup berupa makhluk hidup, zat, senyawa, dan energi. Sehingga polutan tersebut sanggup kita kelompokkan menjadi polutan biologi, polutan fisika, dan polutan kimia. Polutan biologi yaitu polutan yang berupa makhluk hidup terutama kelompok mikroorganisme, seperti kuman dan virus yang sering terdapat pada kotoran, sisa-sisa makanan, dan jasad organisme yang lain. Polutan fisika atau polutan energi yaitu polutan yang disebabkan oleh faktor-faktor fisik seperti panas, dingin, dan radiasi. Sedangkan polutan kimia yaitu polutan yang mengandung zat atau senyawa kimia, contohnya limbah yang banyak mengandung logam merkuri (Hg), gas CO2, gas CFC, debu logam berat, asbes, pestisida, gas CO, gas H2S, partikel SO2, NO2, dan batubara.

Suatu materi disebut polutan apabila jumlahnya melebihi jumlah normal (di atas nilai ambang batas), dan berada pada waktu dan tempat yang tidak seharusnya.

1. Jenis-jenis Pencemaran Lingkungan

Pencemaran sanggup terjadi di semua aspek lingkungan, yaitu meliputi berbagai daerah di bumi. Berdasarkan daerah terjadinya atau lingkungan yang dicemarinya, pencemaran sanggup kita kelompokkan menjadi beberapa macam. Ragam atau macam pencemaran tersebut adalah pencemaran air, pencemaran udara, pencemaran tanah, dan pencemaran suara.




d. Pencemaran Suara

Pencemaran bunyi disebabkan oleh kebisingan atau bunyi-bunyi yang mengganggu atau merusak indera pendengaran manusia, memiliki intensitas di atas 50 desibel (dB). Sumber pencemaran bunyi antara lain kendaraan bermotor, kapal terbang, deru mesin pabrik, dan radio tape yang berbunyi keras. Pencemaran bunyi merupakan pencemaran serius, karena sanggup menjadikan cacat indera pendengaran permanen.

e. Pencemaran Bahan Radioaktif

Penyebab pencemaran radio aktif yaitu bubuk radioaktif yang berasal dari bom nuklir serta reaktor-reaktornya. Bahaya yang ditimbulkannya adalah radiasi sinar αβδ dan partikel-partikel neutron yang lain hasil reaksi fusi dan reaksi fisi. Pengaruh paparan radioaktif terhadap gen yaitu menibulkan terjadinya mutasi gen. Bila mutasi terjadi pada sel badan atau sel somatis, maka berpotensi menimbulkan kanker atau tumor.

2. Dampak Pencemaran Lingkungan

3. Upaya Mengatasi Pencemaran Lingkungan

Anda kini sudah mengetahui perihal Pencemaran Lingkungan. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Widayati, S., S. N. Rochmah dan Zubedi. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 290.

No comments:

Post a Comment