Saturday, November 30, 2019

Pintar Pelajaran Manfaat Dan Imbas Biologi Bagi Insan Dan Lingkungannya

Manfaat dan Dampak Ilmu Biologi bagi Manusia dan Lingkungannya - Biologi mungkin merupakan ilmu sains yang mempunyai cabang ilmu paling beragam. Pada ketika beberapa hebat Biologi sedang meneliti kemungkinan diciptakannya makhluk hidup gres lewat proses rekayasa genetik, penyelidik lain mungkin sedang meneliti cara kerja otak, mencari balasan dari interaksi yang rumit dalam ekosistem, atau bahkan mencari spesies gres di tengah hutan belantara yang lebat atau di dasar lautan.

Dengan mempelajari Biologi, Anda akan lebih mengenal bagaimana bagian tubuh kita bekerja, bagaimana penyakit menyebar, atau bahkan cara melawan penyakit melalui aneka macam pengobatan. Anda juga sanggup mempelajari perkembangan sel sampai menjadi organisme utuh. Dengan mempelajari interaksi antara insan dan makhluk hidup lain, manusia sanggup mempersiapkan langkah yang lebih baik ketika membuat keputusan mengenai penggunaan lahan, pembuangan sampah, jumlah keluarga, dan aneka macam informasi lain yang memengaruhi lingkungan kehidupan kita.

Biologi telah menolong insan untuk mengatasi aneka macam permasalahan seperti penyakit dan kelaparan. Biologi berperan penting dalam hal kesehatan, penyediaan pangan, papan, juga dalam kehidupan sosial. Berikut ini beberapa inovasi dalam bidang biologi yang berkhasiat bagi umat manusia.
  1. Teknik transgenik, ialah teknik penyisipan gen ke dalam sel lain untuk menghasilkan tumbuhan atau binatang yang lebih unggul.
  2. Fertilisasi in vitro untuk binatang ternak.
  3. Fertilisasi in vitro (bayi tabung) untuk pasangan suami istri yang sulit mendapatkan keturunan.
  4. Teknik superovulasi, ialah teknik penyuntikan hormon reproduksi biar binatang ternak lebih subur sehingga dihasilkan embrio lebih dari satu dalam satu induk.
  5. Bank sprma, teknik penyimpanan sprma dalam jangka waktu tertentu pada nitrogen cair.
  6. Teknik inseminasi buatan
  7. Penemuan aneka macam antibiotik, contohnya inovasi penisilin oleh Alexander Flemming.
  8. Penemuan teknik kultur jaringan untuk menghasilkan tumbuhan gres dalam waktu relatif cepat dan jumlah banyak.
Dampak jelek yang mungkin dihasilkan dari penggunaan produk Biologi telah usang menjadi wacana. Meskipun suatu teknologi telah melalui serangkaian penelitian dan dinyatakan baik, namun belum tentu dapat diterima masyarakat alasannya hal tersebut menjadikan problem sosial, misalnya perihal problem kloning yang dipertentangkan oleh sebagian orang. Masalah sosial pada umumnya merupakan suatu faktor yang belum dapat diprediksikan secara niscaya sebelum suatu produk teknologi diperkenalkan kepada masyarakat.

Anda kini sudah mengetahui Manfaat Biologi dan Dampak Biologi. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Fictor Ferdinand P dan Moekti Ariebowo. 2009. Mudah Belajar Biologi 1 : untuk SMA/MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 170.

No comments:

Post a Comment