Monday, August 5, 2019

Pintar Pelajaran Pengertian Dan Klarifikasi Pembelahan Sel

Pembalahan Sel 

Pembelahan sel adalah proses yang diakukan setiap sel untuk sanggup memperbanyak diri dengan membentuk sel-sel baru. Pada organisme bersel satu (uniseluler), menyerupai basil dan protozoa, proses pembelahan sel merupakan salah satu cara untuk berkembang biak.

Protozoa melakukan pembelahan sel dari satu sel menjadi dua, dari dua sel menjadi empat, dan dari empat sel menjadi delapan, dan seterusnya.

Pada makhluk hidup bersel banyak (multiseluler), pembelahan sel mengakibatkan bertambahnya sel-sel tubuh. Oleh alasannya ialah itu, terjadilah proses pertumbuhan pada makhluk hidup. Pembelahan sel juga berlangsung pada sel kelamin atau sel gamet yang bertanggung jawab dalam proses perkawinan antar individu.

Setelah dewasa, sel kelenjar kelamin pada badan insan membelah membentuk sel-sel kelamin. Seorang pria menghasilkan sp*rma di dalam testis, sedangkan wanita menghasilkan sel telur atau ovum di dalam ovarium.

Pada dasarnya, pembelahan sel dibedakan menjadi dua, yaitu pembelahan secara pribadi (amitosis) dan pembelahan secara tidak langsung (mitosis dan meiosis). Apa yang dimaksud dengan pembelahan sel secara pribadi maupun tidak pribadi tersebut?

Kalian akan mengetahuinya dengan menyimak klarifikasi berikut.


2. Pembelahan Sel secara Tidak Langsung (Mitosis dan Meiosis)


Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, Mazrikhatul Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.

No comments:

Post a Comment