Tuesday, August 6, 2019

Pintar Pelajaran Pengertian Struktur Sosial Berdasarkan Para Andal Sosiologi

Pengertian Struktur Sosial Menurut para Ahli Sosiologi - Para jago sosiologi mempunyai pendapat dan pandangan yang berbeda-beda berkaitan dengan konsep dan pengertian struktur sosial, antara lain:

1. Soerjono Soekanto


Struktur sosial berdasarkan Soerjono Soekanto berarti organisasi yang berkaitan dengan pilihan dan keputusan dalam hubungan-hubungan sosial. Struktur sosial mengacu pada kekerabatan yang lebih mendasar. Selain itu, kekerabatan tersebut memperlihatkan bentuk dasar pada contoh kehidupan masyarakat yang memperlihatkan batas-batas pada tindakan-tindakan yang sifatnya kelompok atau dalam organisasi.

2. Raymond Flirth


Struktur sosial berdasarkan Flirth, merupakan suatu pergaulan hidup insan yang meliputi banyak sekali tipe kelompok yang terjadi dari banyak orang dan lembaga-lembaga di mana orang-orang tersebut ambil bagian.

3. Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi (Dalam Soerjono Soekanto, 20 ; 2005)


Struktur sosial yaitu keseluruhan jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok, yaitu kaidah-kaidah sosial (norma-norma sosial), lembaga-lembaga sosial, kelompok-kelompok sosial, serta lapisan-lapisan sosial.

4. Abdul Syani (Dalam Basrowri, 69 ; 2005)


Struktur sosial yaitu suatu tatanan sosial dalam kehidupan masyarakat yang merupakan jaringan dari unsur-unsur sosial yang pokok.

5. D. Hendropuspito (89 ; 1999)


Struktur sosial yaitu denah penempatan nilai-nilai sosio-budaya dan organ-organ masyarakat pada posisi yang dianggap sesuai, demi berfungsinya organisme masyarakat sebagai suatu keseluruhan, dan demi kepentingan masing-masing bab untuk jangka waktu yang relatif lama.

Berdasarkan pendapat dari beberapa jago sosiologi di atas, sanggup disimpulkan bahwa struktur sosial merupakan bangunan/jaringan sosial yang meliputi kekerabatan sosial antara individu secara teratur pada waktu tertentu yang merupakan keadaan statis dari suatu sistem sosial.

No comments:

Post a Comment