Monday, November 25, 2019

Pintar Pelajaran Masuknya Kolonialisme Dan Imperialisme Absurd Ke Wilayah Indonesia: Portugis, Spanyol, Dan Voc Belanda

Artikel dan Makalah wacana Masuknya Kolonialisme dan Imperialisme Asing Ke Wilayah Indonesia : Portugis, Spanyol, Dan VOC Belanda - Kolonialisme yaitu penguasaan suatu wilayah dan rakyatnya oleh negara lain untuk tujuan-tujuan yang bersifat militer atau ekonomi. Kolonialisme memberi laba sepihak kepada negara-negara kolonial. Sebaliknya kolonialisme menciptakan kesengsaraan di negara-negara yang dijadikan koloni. (Baca juga : Pengaruh Barat Terhadap Perubahan Kehidupan Ekonomi dan Sosial Masyarakat Indonesia)

Kolonialisme sanggup dilakukan dengan dua cara yaitu: memindahkan sekelompok emigran dari tanah airnya ke wilayah gres untuk membentuk unit politik baru; menancapkan kekuasaannya di negara terjajah. Imperialisme yaitu sistem politik yang bertujuan menjajah negara lain untuk mendapat kekuasaan dan laba sepihak yang lebih besar. Imperialisme sanggup dicirikan dengan adanya kekerabatan superior-inferior dengan keadaan yang menggambarkan wilayah dan rakyatnya tunduk terhadap kehendak negara asing.

Dua konsep inilah yang mengakibatkan Indonesia semenjak sekitar awal kala ke-18 mengalami kesengsaraan, yaitu dengan dijadikannya Indonesia sebagai negara terjajah berada di bawah kekuasaan bangsa-bangsa Eropa. Pada awalnya, kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia yaitu untuk berdagang, tetapi lambat laun mereka lalu menguasai wilayah Indonesia untuk dijarah kekayaan alamnya sebagai modal pembangunan negara mereka.




Anda kini sudah mengetahui Masuknya Kolonialisme dan Imperialisme Asing Ke Wilayah Indonesia. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Suwito, T. 2009. Sejarah : Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 368.

No comments:

Post a Comment