Friday, November 8, 2019

Pintar Pelajaran Pola Kegunaan Dan Manfaat Senyawa Organik Di Bidang Kesehatan, Obat-Obatan, Kimia

Contoh Kegunaan dan Manfaat Senyawa Organik di Bidang Kesehatan, Obat-obatan, Kimia - Apakah Anda pernah mencicipi sakit kepala? Apa yang Anda lakukan untuk meredakan nyeri yang Anda derita? Banyak cara yang sanggup dilakukan, salah satu yang umum dilakukan orang ialah meminum obat sakit kepala yang dijual bebas di warung-warung. Tahukah Anda, apakah yang menimbulkan obat sakit kepala tersebut sanggup meringankan sakit kepala Anda? Khasiat yang dimiliki obat sakit kepala tidak terlepas dari senyawa kimia yang dikandungnya. Amatilah Gambar 1. berikut.
Manfaat Senyawa Organik di Bidang Kesehatan Pintar Pelajaran Contoh Kegunaan dan Manfaat Senyawa Organik di Bidang Kesehatan, Obat-obatan, Kimia
Gambar 1. Parasetamol tercantum sebagai salah satu komposisi pada kemasan obat.
Pada Gambar 1. tersebut, dapatkah Anda menerka senyawa kimia apa yang terkandung dalam obat sakit kepala? Parasetamol merupakan senyawa kimia organik yang banyak dipakai dalam obat sakit kepala sebab bersifat analgesik (menghilangkan sakit). Senyawa organik lain yang bersifat analgesik ialah aspirin dan antalgin.

Selain sebagai obat kepala, senyawa organik banyak dipakai di bidang kesehatan sebagai obat bius dalam operasi bedah. Dengan memakai obat bius, pasien tidak mencicipi sakit ketika organ tubuhnya dibedah. Senyawa organik yang dipakai sebagai obat bius, di antaranya kloroform (CHCl3), dietil eter (CH3CH2OCH2CH3), etilena (C2H4), dan halotena (F3CCHBrCl). Di beberapa negara, dietileter sudah tidak dipakai lagi sebagai obat bius sebab memilki efek samping yaitu menimbulkan gangguan pada terusan pernapasan. Mari, kita lihat struktur kimia dari senyawa-senyawa tersebut pada gambar berikut.
Manfaat Senyawa Organik di Bidang Kesehatan Pintar Pelajaran Contoh Kegunaan dan Manfaat Senyawa Organik di Bidang Kesehatan, Obat-obatan, Kimia

Negara-negara beriklim tropis ibarat Indonesia, kaya akan keanekaragaman hayatinya. Banyak tanaman Indonesia yang diakui sebagai tanaman obat terhadap suatu penyakit. Di antaranya, kunyit dan pengecap buaya sebagai obat maag, daun muda jambu watu sebagai obat sakit perut, bawang putih untuk menurunkan kolesterol, dan daun sirih sebagai antiseptik.

Anda kini sudah mengetahui Manfaat Senyawa Organik di Bidang Kesehatan. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Rahayu, I. 2009. Mudah Belajar Kimia, Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p 210.

No comments:

Post a Comment