Monday, August 5, 2019

Pintar Pelajaran Inilah Struktur Kromosom Dan Penjelasannya

Struktur kromosom dan bagiannya

Makhluk hidup yang ada di alam ini tidak semuanya memiliki struktur kromosom yang sama dengan kromosom manusia. Bakteri dan virus memiliki kromosom sirkuler (membulat). Kromosom memiliki 2 bab utama adalah sentromer (kinetokor) dan lengan.

1) Sentromer (Kinetokor)

Sentromer disebut juga bab kepala kromosom. Bagian ini berfungsi sebagai tempat melekatnya benang-benang gelendong pembelahan pada waktu sel membelah.

2) Lengan Kromosom

Kromosom sanggup memiliki satu buah lengan atau dua buah lengan, bahkan ada yang tidak memiliki lengan. Kromosom dengan dua lengan sanggup memiliki lengan yang sama panjang atau berbeda panjangnya (lengan yang satu panjang dan lengan yang lain pendek).

Bagian lengan berisi cairan yang dinamakan matriks. Pada matriks tersebut terdapat benang halus atau pita berbentuk spiral yang disebut kromonema (jamak = kromonemata). Perhatikan Gambar 1.1. 

 Makhluk hidup yang ada di alam ini tidak semuanya memiliki struktur  Pintar Pelajaran Inilah Struktur Kromosom dan Penjelasannya
Gambar 1.1. Bagian-bagian kromosom
Penebalan dari kromonema ini disebut kromomer. Ada yang menganggap kromomer tersebut sebagai nukleoprotein. Di tempat tertentu pada lengan kromosom terbentuk lekukan sekunder.

Lekukan sekunder berfungsi sebagai tempat terbentuknya anak inti atau nukleolus. Pada tempat ujung kromosom (ujung lengan) terdapat bagian yang disebut telomer. Fungsi bab ini untuk mencegah semoga kromosom satu dan yang lain tidak berlekatan. Pada beberapa kromosom terdapat bentukan lingkaran di bagian ujung lengannya, disebut satelit.


Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, Mazrikhatul Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.

No comments:

Post a Comment