Monday, August 5, 2019

Pintar Pelajaran Macam-Macam Dan Fungsi Rna

Macam-macam dan Fungsi RNA

Berdasarkan kawasan terdapat dan fungsinya, RNA dibedakan menjadi mRNA (messenger RNA), rRNA (ribosomal RNA), dan tRNA (transfer RNA). 

1) mRNA (messenger RNA) 

mRNA disebut juga RNA duta (dRNA) atau RNA kurir. Menurut Francois Jacob dan Monod (1961), sehabis RNA dibuat oleh DNA di dalam inti, mRNA membawa cetakan-cetakan ke sitoplasma dan bergerak di atas ribosom. RNA m menempatkan arahan genetik berupa 3 urutan basa nitrogen kodon-kodonnya berturut-turut di ribosom untuk menyusun asam amino. mRNA ini dibuat pada dikala sel hendak melaksanakan sintesis protein. Macam mRNA yang dibuat oleh DNA tergantung jenis protein yang akan disusun. Oleh alasannya ialah itu, mRNA ini sanggup ditemukan di dalam inti sel dan di sitoplasma. RNA m merupakan molekul untaian tungal. mRNA ini membawa informasi genetik dari DNA ke ribosom. 

2) rRNA (ribosomal RNA) 

rRNA dibuat dari prekusor yang disebut RNA pra ribosom, memiliki berat molekul sekitar 2 juta, dan merupakan molekul paling besar dibandingkan mRNA dan tRNA. RNA ribosom mengandung 50 – 2.000 asam amino. Bersama-sama dengan protein, RNA ini akan membentuk struktur ribosom yang mengatur proses translasi. 

3) tRNA (transfer RNA) 

tRNA disebut RNA pemindah dan merupakan RNA yang terpendek. Fungsi tRNA adalah menerjemahkan kode-kode (kodon) yang dibawa oleh mRNA. Hasil terjemahan ini berupa deretan basa nitrogen yang sesuai dengan kodon yang ada pada dRNA atau mRNA. tRNA membawa pasangan kodon pada mRNA , sehingga disebut antikodon (Gambar 1.1). tRNA juga membawa asam amino yang sesuai dengan kodon- kodon dRNA atau mRNA.

 Berdasarkan kawasan terdapat dan fungsinya Pintar Pelajaran Macam-macam dan Fungsi RNA
Gambar 1.1. Bagian-bagian tRNA

Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, Mazrikhatul Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.

No comments:

Post a Comment