Monday, August 5, 2019

Pintar Pelajaran Pembelahan Sel Secara Tidak Eksklusif (Mitosis Dan Meiosis)

Pembelahan Sel secara Tidak Langsung (Mitosis dan Meiosis) - Pembelahan sel secara tidak pribadi ialah pembelahan yang melalui tahapan-tahapan tertentu.

 Setiap tahapan pembelahan ditandai dengan penampakan kromosom yang berbeda-beda. Kalian telah mengetahui bahwa di dalam inti sel terdapat benang-benang kromatin. Ketika sel akan membelah, benang-benang kromatin ini menebal dan memendek, yang kemudian disebut kromosom. Perhatikan Gambar 1.

 Pembelahan sel secara tidak pribadi ialah pembelahan yang melalui tahapan Pintar Pelajaran Pembelahan Sel secara Tidak Langsung (Mitosis dan Meiosis)
Gambar 1. Kromosom pada sel yang siap  membelah

Kromosom sanggup berikatan dengan warna tertentu, sehingga gampang diamati dengan mikroskop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kromosom merupakan benang pembawa sifat.

Di dalam kromosom terdapat gen sebagai faktor pembawa sifat keturunan. Pada waktu sel sedang membelah, terjadi proses pembagian kromosom di dalamnya. Tingkah laris kromosom selama sel membelah dibedakan menjadi fase-fase atau tahap-tahap pembelahan sel.

Pembelahan sel yang terjadi melalui fase-fase itulah yang disebut pembelahan secara tidak langsung. Mengenai fase-fase pembelahan mitosis akan dibahas pada subab tersendiri. Pembelahan sel secara tidak pribadi dibedakan menjadi dua, yaitu pembelahan mitosis dan meiosis.

1. Pembelahan Sel Mitosis

2. Pembelahan Sel Meiosis


Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, Mazrikhatul Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.

No comments:

Post a Comment