Monday, November 25, 2019

Pintar Pelajaran Kehidupan Sosial Dan Ekonomi Masyarakat Kerajaan Gowa Tallo (Makassar)

Artikel dan Makalah perihal Kehidupan Sosial dan Ekonomi Masyarakat Kerajaan Gowa Tallo (Makassar) - Berikut ini ialah ulasan mengenai kehidupan penduduk di Kesultanan Gowa Tallo (Makassar)


a. Kehidupan Sosial

Orang Makassar dikenal sebagai pelaut ulung, transportasi yang dipakai adlah bahtera Pinisi. Mereka berani menyeberang lautan menuju negara-negara yang sangat jauh bahkan hingga Madagaskar dan Afrika Selatan. Masuknya agama Islam dan maraknya perdagangan di Nusantara menambah kuatnya perjuangan dagang yang dijalankan oleh orang Makassar. Tidaklah heran, jikalau dikala ini orang Makassar populer dalam bisnis.

b. Kehidupan Ekonomi

Setelah dikuasainya Makassar oleh Belanda, banyak rakyat setempat yang melarikan diri ke Kalimantan, Sumatera dan Jawa. Mereka melaksanakan dagang dengan orang Makassar yang tetap tinggal. Hak monopoli dagang oleh Belanda tidak menghipnotis sifat perjuangan dagang mereka yang tinggi, bahkan nilai-nilai Islam tetap dipertahankan. Berbeda dengan kerajaan Mataram yang melaksanakan percampuran nilai Islam dengan budaya Hindu. Hubungan dagang pun diperluas hingga Turki dan India, dan untuk mempererat diplomatik dengan Jawa, terjadi perkawinan antara raja Gowa dengan putri Mataram.

Anda kini sudah mengetahui Kehidupan Sosial dan Ekonomi Masyarakat Kerajaan Gowa Tallo (Makassar). Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Suwito, T. 2009. Sejarah : Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 368.

No comments:

Post a Comment