Friday, November 22, 2019

Pintar Pelajaran Sejarah Berdirinya Ahmadiyah, Latar Belakang, Tujuan, Tokoh, Pergerakan Nasional

Artikel dan Makalah wacana Sejarah Berdirinya Ahmadiyah, Latar Belakang, Tujuan, Tokoh, Pergerakan Nasional - Gerakan Ahmadiyah Indonesia didirikan oleh Mirza Wali Ahmad Beid pada bulan September 1929. Organisasi itu menurut pada Al-Quran sebagai kitab suci yang menjadi sumber dan arah hidup terbaik. Ada kepercayaan bahwa Nabi Muhammad yaitu nabi epilog dan insan harus mengikuti pola perbuatannya, dan mengaku adanya pembaharu (mujaddid) sehabis Nabi Muhammad. (Baca juga : Organisasi Keagamaan Pada Masa Pergerakan Nasional)

Ahmadiyah muncul alasannya adanya efek dari Ahmadiyah di Kadian India yang didirikan oleh Mirza Ghulam Ahmad yang mengaku sebagai mujaddid pada tahun 1884. Ahmadiyah menekankan kewajiban insan untuk bertindak baik dengan penuh persaudaraan, hormat-menghormati, ramah, dan sebagainya. Pada tahun 1908 terjadi perpecahan alasannya salah seorang pemimpinnya, Kwayah Kamaludin mendirikan Ahmadiyah berpusat di Lahore. Ahmadiyah Kadiyan, dan Lahore sangat besar pengaruhnya di Indonesia dan Yogyakarta dijadikan pusatnya. Ahmadiyah di Indonesia tidak mencampuri urusan politik dan hanya mempersoalkan prinsip keagamaan dalam Islam. Pengaruh Ahmadiyah di kalangan cowok dan pelajar yang berpendidikan barat cukup kuat.

Anda kini sudah mengetahui Ahmadiyah. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Suwito, T. 2009. Sejarah : Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 368.

No comments:

Post a Comment