Monday, August 5, 2019

Pintar Pelajaran Anafase Pembelahan Mitosis

Anafase - Anafase ialah pembelahan sel yang ditandai dengan berpisahnya kromatid saudara pada belahan sentromer kromosom. Gerak kromatid ini disebabkan tarikan benang mikrotubulus yang berasal dari sentriol pada kutub sel. Kalian telah mengetahui bahwa mikrotubulus menempel pada sentromer.

Hal ini menjadikan sentromer tertarik terlebih dahulu. Akibatnya, sentromer berada di depan dan belahan lengan kromatid berada di belakang. Struktur ini ibarat abjad V. Gerakan ini menempuh jarak sekitar 1μm (10-6 meter) tiap menit. Pada ketika bersamaan, mikrotubulus non kinetokor semakin memanjang sehingga jarak kedua kutub sel semakin jauh.

Selanjutnya, masing-masing kromatid bergerak ke arah kutub yang berlawanan dan berfungsi sebagai kromosom lengkap, dengan sifat keturunan yang sama (identik). Untuk menjalankan tugasnya ini, mikrotubulus telah mengalami peruraian pada belahan kinetokornya. Lalu bagaimanakah bidang pembelahan sel pada binatang dan tumbuhan? Salah satu perbedaan sel flora dan sel binatang ialah ada tidaknya sentriol.

Pada sel tumbuhan, kiprah sentriol digantikan oleh kromosom sehingga arah pembelahan tetap menuju ke kutub sel. Pada sel hewan, sentriol pada kutub sel merupakan arah yang dituju oleh gerakan kromatid ketika pembelahan.

 yang ditandai dengan berpisahnya kromatid saudara pada belahan sentromer kromosom Pintar Pelajaran Anafase Pembelahan Mitosis

Gambar 1.1. Tahap pembelahan anafase ditandai berpisahnya pasangan kromatid ke kutub berlawanan.

Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, Mazrikhatul Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.

No comments:

Post a Comment