Monday, August 5, 2019

Pintar Pelajaran Profase Pembelahan Mitosis


Profase

Pada permulaan profase, di dalam nukleus mulai terbentuk kromosom, yaitu benang-benang rapat dan padat yang terbentuk akibat menggulungnya kromatin.

Pada fase ini, kromosom sanggup dilihat menggunakan mikroskop. Selanjutnya, nukleolus menghilang dan terjadi duplikasi kromosom (kromosom membelah dan memanjang) menghasilkan 2 kromosom anakan yang disebut kromatid.

Kedua kromatid tersebut bersifat identik sehingga disebut kromatid kembar (sister chromatid), yang bersatu atau dihubungkan oleh sentromer pada lekukan kromosom. Perhatikan Gambar 1.

benang rapat dan padat yang terbentuk akhir Pintar Pelajaran Profase Pembelahan Mitosis
Gambar 1. Profase.
Sentromer merupakan bagian kromosom yang menyempit, tampak lebih jelas dan membagi kromosom menjadi 2 lengan. Pada simpulan profase, di dalam sitoplasma mulai terbentuk gelendong pembelahan (spindel) yang berasal dari mikrotubulus.

Mikrotubulus tersebut memanjang, seakan-akan mendorong dua sentrosom di sepanjang permukaan inti sel (nukleus). Akibatnya, sentrosom saling menjauh. Proses ini lalu berlanjut ke fase berikutnya, adalah metafase.

Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, Mazrikhatul Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.

No comments:

Post a Comment