Friday, November 8, 2019

Pintar Pelajaran Burung Bisa Mengenali Wajah Dan Bunyi Manusia

Burung Mampu Mengenali Wajah Dan Suara Manusia - Sebuah penelitian memperlihatkan bahwa beberapa burung mungkin tahu siapa teman insan mereka, alasannya ialah mereka bisa mengenali wajah orang dan membedakan bunyi manusia. Dengan mengidentifikasi teman atau musuh, sanggup menjadi kemampuan kunci semoga burung sanggup bertahan hidup.

Ahli sikap hewan dari Universitas Lincoln di Inggris dan Universitas Wina melaksanakan percobaan dengan burung merpati dan gagak dalam dua studi terpisah.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Avian Biology Research  menunjukkan bahwa burung merpati sanggup membedakan antara orang yang sudah familiar dan orang asing, mereka memakai fitur wajah untuk membedakan orang-orang tersebut.

Tim ini melatih sekelompok merpati untuk  mengenali perbedaan antara objek yang sudah familiar dan objek asing. Merpati yang dilatih ini, bersama dengan kelompok merpati kontrol, lalu diperlihatkan foto-foto dari dua wajah manusia. Salah satu wajah ialah dari seseorang yang erat dengan burung tersebut sementara yang lainnya ialah dari wajah seseorang yang belum pernah mereka lihat sebelumnya.
 Burung Mampu Mengenali Wajah Dan Suara Manusia  Pintar Pelajaran Burung Mampu Mengenali Wajah Dan Suara Manusia
Penelitian gres memperlihatkan bahwa beberapa burung mungkin tahu siapa teman insan mereka, alasannya ialah mereka bisa mengenali wajah orang dan membedakan bunyi manusia. (Foto: © yellowj / Fotolia)
Burung-burung merpati pada kelompok eksperimen bisa mengenali dan mengklasifikasikan orang-orang yang sudah familiar dengan hanya memakai wajah mereka, sedangkan burung tanpa training sebelumnya gagal melaksanakan hal tersebut. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa merpati sanggup membedakan antara orang ajaib dan orang yang sudah familiar, mereka melaksanakan hal tersebut hanya dengan  menggunakan karakteristik wajah seseorang.

Peneliti utama, Dr. Anna Wilkinson, dari School of Life Sciences, mengatakan: “Hal ini merupakan proses kemajuan kognitif yang jarang diamati pada merpati dan ia juga menerka bahwa mereka tidak hanya mengenali insan secara individual, tetapi juga sanggup mengetahui manusia-manusia yang telah mereka kenali. Beberapa orang memberi merpati makanan, sedangkan yang lain memburu mereka. Dengan mengetahui karakteristik dari tiap individu dan bertindak dengan sempurna merupakan laba yang besar bagi merpati.”

Dalam studi terpisah yang diterbitkan dalam jurnal Animal Cognition, peneliti memeriksa kemampuan gagak pemakan bangkai untuk membedakan bunyi dan panggilan  dari orang yang telah mereka kenal dan orang ajaib serta jackdaws (spesies gagak yang berada di luar spesies mereka sendiri). Dimana penelitian sebelumnya telah memfokuskan pada kemampuan gagak untuk mengenali dan berkomunikasi dengan spesies mereka sendiri.

Burung-burung gagak tersebut lebih sering menanggapi bunyi dari insan yang belum familiar daripada bunyi dari insan yang sudah familiar dan, sebaliknya, gagak lebih menanggapi panggilan jackdaw yang sudah familiar daripada panggilan dari jackdaw yang belum familiar. Menurut tim peneliti, hasil ini memperlihatkan bukti pertama bahwa burung sanggup membedakan antara individu heterospesifik yang sudah familiar dan belum familiar dengan memakai rangsangan pendengaran.

Referensi Jurnal :

Claudia Stephan, Anna Wilkinson, Ludwig Huber. Have we met before? Pigeons recognise familiar human faces.Avian Biology Research, 2012; 5 (2): 75 DOI: 10.3184/175815512X13350970204867.

Claudia A. F. Wascher, Georgine Szipl, Markus Boeckle, Anna Wilkinson. You sound familiar: carrion crows can differentiate between the calls of known and unknown heterospecifics. Animal Cognition, 2012; DOI: 10.1007/s10071-012-0508-8.

Artikel ini merupakan terjemahan dari goresan pena ulang menurut bahan yang disediakan oleh University of Lincoln, via Science Daily (22 Juni 2012). Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

No comments:

Post a Comment