Monday, November 25, 2019

Pintar Pelajaran Efek Agama Islam Terhadap Seni Rupa Dan Kaligrafi Di Indonesia

Artikel dan Makalah wacana Pengaruh Agama Islam Terhadap Seni Rupa dan Kaligrafi di Indonesia - Seni rupa dalam dunia Islam berbeda dengan seni rupa dalam Hindu Budha. Dalam anutan Islam tak diperbolehkan menggambar, memahat, menciptakan relief yang objeknya berupa makhluk hidup khususnya hewan. Maka dari itu, seni rupa Islam identik dengan seni kaligrafi. Seni kaligrafi yaitu seni menulis karakter indah yang merupakan kata atau kalimat. Dalam Islam, biasanya kaligrafi berwujud gambar binatang atau insan (tapi hanya bentuk siluetnya saja). Ada pula, seni kaligrafi yang tidak berbentuk makhluk hidup, melainkan hanya rangkaian karakter yang diperindah. Teks-teks dari Al-Quran merupakan tema yang sering dituangkan dalam seni kaligrafi ini. 

Sedangkan, bahan-bahan yang dipakai sebagai kawasan untuk menulis kaligrafi ini yaitu nisan makam, pada dinding masjid, mihrab masjid, kain tenunan atau kertas sebagai pajangan atau kayu sebagai pajangan. Selain huruf Arab, tradisi kaligrafi dikenal pula di Cina, Jepang, dan Korea.

Anda kini sudah mengetahui Pengaruh Agama Islam Terhadap Seni Rupa dan Kaligrafi di Indonesia. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Suwito, T. 2009. Sejarah : Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 368.

No comments:

Post a Comment