Monday, November 25, 2019

Pintar Pelajaran Efek Agama Islam Terhadap Seni Sastra Atau Kesusastraan Di Indonesia

Artikel dan Makalah perihal Pengaruh Agama Islam Terhadap Seni Sastra atau Kesusastraan di Indonesia - Karya sastra merupakan alat efektif dalam penyebaran sebuah agama. Jalur sastra inilah yang ditempuh masyarakat muslim dalam penyebaran anutan mereka. Karya-karya sastra bercorak Islam yang ditulis di Indonesia, terutama Sumatera dan Jawa, awalnya merupakan gubahan atas karya-karya sastra klasik dan Hindu Budha. Cara ini ditempuh semoga masyarakat pribumi tak terlalu kaget akan anutan Islam. Selanjutnya, tema-tema yang ada mulai bernuansa Islami ibarat kisah atau dongeng para nabi dan rasul, sobat Nabi, pahlawan-pahlawan Islam, sampai raja-raja Sumatera dan Jawa. Adakalanya kisah-kisah tersebut bersifat setengah imajinatif; dalam arti tak sepenuhnya benar.



Anda kini sudah mengetahui Pengaruh Agama Islam Terhadap Seni Sastra atau Kesusastraan di Indonesia. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Suwito, T. 2009. Sejarah : Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 368.

No comments:

Post a Comment