Thursday, November 7, 2019

Pintar Pelajaran Ikan Menjadi Lebih Besar Lengan Berkuasa Dan Gesit Bila Berkembang Di Perairan Hangat

Ikan Menjadi Lebih Kuat Dan Gesit Jika Berkembang Di Perairan Hangat - Penelitian terbaru yang dilakukan oleh para jago biologi di Universitas McMaster Graham Scott menunjukkan bahwa tumbuh pada suhu yang lebih hangat membantu beberapa binatang akuatik menghadapi perubahan iklim. Hal tersebut lalu menjadikan pertanyaan mengenai batasan adaptasi.

Scott berhubungan dengan Ian Johnston di University of St Andrews, Skotlandia. Scott telah menemukan bahwa menumbuhkan ikan zebra pada suhu yang lebih hangat pada ketika masih embrio benar-benar sanggup meningkatkan kemampuan mereka untuk menyesuaikan diri dengan baik pada suhu yang lebih tinggi maupun lebih rendah pada ketika dewasa.

Penelitian mereka menunjukkan ikan-ikan tersebut menjadi lebih tangguh sehabis dibesarkan dalam pembibitan bak air hangat. Pertanyaan yang lalu timbul adalah, hingga seberapa jauh suhu sanggup naik dan hingga sejauh mana ikan bisa beradaptasi?
Ikan Menjadi Lebih Kuat Dan Gesit Jika Berkembang Di Perairan Hangat Pintar Pelajaran Ikan Menjadi Lebih Kuat Dan Gesit Jika Berkembang Di Perairan Hangat
Gambar embrio ikan zebra (zebrafish) yang diambil 28 jam sehabis pembuahan. (Credit: Ian Johnston)
“Apakah ada batasan pada kemampuan ikan tersebut untuk bradaptasi terhadap kondisi ini? Hal Itulah yang kita ingin mengerti secara pasti,” kata Scott, seorang seorang jago dalam bidang pembiasaan binatang terhadap lingkungan yang menantang. “Jika kita ingin menghargai bagaimana kehidupan di alam dipengaruhi oleh perubahan iklim, maka hal itulah yang perlu kita ketahui.”

Penelitian ini diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences.

Zebrafish berasal dari habitat air tawar di Asia Selatan. Selama hidup, zebrafish sanggup mengalami banyak sekali rentang suhu dari suhu 40°C hingga suhu yang hampir beku. Ikan yang diteliti dibesarkan di banyak sekali rentang suhu yang biasa mereka alami di habitat aslinya pada ketika isu terkini kawin (22°C untuk 32°C).

Ikan zebra mempunyai keunikan biologis dimana mereka mempunyai periode kehamilan yang pendek. Hal inilah yang menciptakan zebrafish menjadi subyek penelitian yang ideal.

Scott dan Johnston menemukan bahwa ketika embrio dibesarkan pada air hangat dan mengalami bervariasi suhu pada ketika dewasa, mereka bisa berenang lebih cepat, otot mereka lebih cocok untuk acara fisik, dan mereka mengekspresikan banyak sekali macam gen yang berkontribusi untuk kinerja fisik pada tingkat yang lebih tinggi.

Perkembangan tersebut benar-benar terjadi pada ikan remaja yang hidup dalam air hangat maupun dingin. Sebuah temuan yang mengejutkan para peneliti.

“Kami berpikir bahwa ikan zebra remaja mempunyai kinerja lebih baik dengan hidup di bawah kondisi hangat alasannya yaitu mereka tumbuh di kondisi hangat. Kami tidak berpikir bahwa ikan tersebut juga akan mempunyai kemampuan yang sama pada kondisi dingin, dan ternyata ikan yang hidup dalam suhu hambar juga mempunyai kemampuan tersebut.”

Artikel ini merupakan terjemahan dari goresan pena ulang menurut materi yang disediakan oleh McMaster University via Science Daily (14 agustus 2012). Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

No comments:

Post a Comment