Friday, November 8, 2019

Pintar Pelajaran Perempuan Tetrakromatik, Bisa Melihat 99 Juta Warna

Wanita Tetrakromatik, Mampu Melihat 99 Juta Warna - Wanita Dapat Melihat Lebih dari 99 Juta Warna. Lalu Bagaimana Dengan Pria? Ayo Kita Uji!

Seberapa baik Anda melihat warna? Jika Anda seorang wanita, Anda sanggup melihat lebih dari 99 juta warna tanpa anda sadari.

Seberapa baik Anda melihat warna? Jika Anda yaitu seorang laki-laki anda harus berjuang lebih untuk sanggup membedakan warna, alasannya yaitu 1 diantara 12 laki-laki menderita buta warna, sedangkan pada perempuan hanya terjadi pada 1 diantara 255.

Dan sekarang, para ilmuwan percaya beberapa perempuan mungkin sanggup melihat lebih dari 99 juta warna bila dibandingkan dengan insan kebanyakan.
 Jika Anda yaitu seorang laki-laki anda harus berjuang lebih untuk sanggup membedakan warna Pintar Pelajaran Wanita Tetrakromatik, Mampu Melihat 99 Juta Warna
Beberapa perempuan mempunyai penglihatan “tetrakromatik” dan sanggup melihat sekitar 99 juta warna. (Foto: Image Source/Corbis)
Dr. Gabriele Jordan, seorang peneliti di Institute of Neuroscience telah menghabiskan 20 tahun terakhir untuk menemukan seseorang dengan kemampuan penglihatan yang luar biasa.

Penglihatan merupakan salah satu indra yang paling rumit. Mata melihat warna, kemudian memecah warna tersebut memakai sel-sel fotoreseptor mata yang disebut Cone. Setiap Cone memungkinkan Anda untuk melihat sekitar 100 warna.

Kebanyakan orang mempunyai tiga jenis cone, biasanya disebut ‘trikromatik’, sehingga jumlah total kombinasi yang sanggup dilihat seseorang paling tidak sekitar 1003 (100 pangkat 3), atau satu juta.

Individu yang buta warna hanya mempunyai dua jenis cone, sehingga menciptakan mereka hanya bisa melihat warna secara dikromatik. Sedangkan sebagian besar binatang termasuk buta warna.

Namun, para ilmuwan mengetahui bahwa ada juga orang yang mempunyai ‘tetrakromatik’ atau orang dengan empat jenis cone. Dr. Jordan telah menemukan orang pemilik tetrachormat tersebut. Dia dikenal sebagai subyek cDa29. Subyek tersebut merupakan seorang dokter di Inggris Utara.

Dr Jordan menyampaikan kepada majalah bahwa hal tersebut menciptakan beliau sangat senang.”

Tetapi hal tersebut menyimpan teka-teki: Bagaimana penglihatan seorang perempuan dengan empat cone bisa lebih baik bila dibandingkan orang lain yang juga sama-sama mempunyai empat cone.

Dia menyampaikan kepada majalah: “Kami kini tahu jikalau tetrakromatik itu ada, tetapi kita tidak tahu apa yang menciptakan seseorang sanggup memfungsikan penglihatan tetrakromatiknya, sedangkan sebagian besar perempuan dengan penglihatan tetrakromatik tidak sanggup melakukannya.”

Lalu mengapa laki-laki tidak mempunyai tetrakromatik?

Sebelumnya telah dilakukan penelitian perihal buta warna pada tahun 1948. Sebuah keluarga mempunyai penyakit buta warna keturunan, namun anehnya, buta warna tersebut hanya terjadi pada laki-laki saja. Mereka mempunyai dua cone normal dan satu cone mutan (mengalami mutasi), dimana cone mutan ini kurang sensitif terhadap warna hijau dan merah.

Lalu bagaimana dengan wanitanya?

Wanita di keluarga tersebut ternyata mempunyai 3 cone normal dan satu cone mutan tambahan. Berdasarkan data tersebut, maka ilmuwan Belanda, HL de Vries, menulis di makalahnya, bahwa perempuan melihat warna dengan cara yang berbeda dengan pria, yaitu perempuan memakai empat cone sedangkan laki-laki hanya memakai 3 cone (1004 warna dibandingkan 1004 warna). Artinya perempuan bisa melihat 100 juta warna sedangkan laki-laki hanya bisa melihat 1 juta warna saja. Hal ini sanggup menjelaskan mengapa laki-laki lebih rentan terhdap buta warna daripada wanita.

Bagaimana penglihatan anda terhadap warna dibandingan orang lainnya?

Untuk mengujinya, ketika ini perusahaan X-Rite telah menciptakan tes online untuk menguji kepekaan mata anda terhadap warna kemudian membandingkannya dengan orang lain.

Untuk menguji kepekaan mata anda terhadap warna, kunjungi website ini  http://www.xrite.com

Terima kasih atas kunjungan anda, supaya artikel ini bermanfaat. Mohon berikan pinjaman kepada kami dengan cara like, follow dan share melalui facebook, twitter, atau google +.

Artikel ini merupakan terjemahan dari materi yang disediakan oleh DailyMail (29 Juni 2012). Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

No comments:

Post a Comment