Tuesday, December 10, 2019

Pintar Pelajaran Alat-Alat Ekskresi Pada Manusia

Macam-macam Alat-Alat Ekskresi pada Manusia - Mengeluarkan air seni, berkeringat, dan mengembuskan napas merupakan cara-cara badan untuk melaksanakan ekskresi. Zat-zat sisa hasil metabolisme ini dikeluarkan dalam bentuk urine, keringat, dan karbondioksida. Zat-zat sisa ini diekskresikan di antaranya melalui organ ginjal, kulit, dan paru-paru. Perhatikan Gambar 1. Anda tentu pernah mengenal alat-alat ekskresi tersebut. Tugas kelompok berikut ini akan mengingatkan Anda perihal organ-organ ekskresi pada badan manusia. Manusia mempunyai banyak sekali macam alat ekskresi dalam tubuhnya. Alat-alat ekskresi tersebut ialah ginjal (ren), paru-paru (pulmo), hati (hepar), dan kulit (integumen). Alat-alat tersebut sekaligus berfungsi untuk menjaga stabilitas suhu badan atau homeostatis. Nah, berikutnya, mari kita simak dan pahami banyak sekali organ sistem ekskresi tersebut pada bahasan berikut. (Baca juga : Sistem Ekskresi Pada Manusia)
zat sisa ini diekskresikan di antaranya melalui organ ginjal Pintar Pelajaran Alat-Alat Ekskresi pada Manusia
Gambar 1. Alat-alat ekskresi pada manusia
a. Ginjal

b. Kulit

c. Hati (hepar)

d. Paru-Paru

Paru-paru selain berperan sebagai organ pernapasan juga berperan sebagai organ ekskresi. Hal ini karena gas CO2 dan uap air (H2O) hasil proses metabolisme diangkut darah dari jaringan badan menuju paru-paru dan selanjutnya dikeluarkan dari badan pada waktu ekspirasi. CO2 sekitar 75% dari jaringan badan diangkut plasma darah dalam bentuk ion HCO3 (asam bikarbonat) dan sisanya sekitar 25% diikat oleh hemoglobin (Hb) membentuk senyawa HbCO2 (karboksihemoglobin).

Coba Anda ingat kembali bahan paru-paru pada bab Sistem Pernapasan pada Manusia dan Hewan.

Anda kini sudah mengetahui Alat Ekskresi Manusia. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment