Tuesday, December 10, 2019

Pintar Pelajaran Sistem Ekskresi Cacing Tanah


Sistem Ekskresi Cacing Tanah - Sesama binatang invertebrata, ternyata cacing pipih dan cacing tanah (Filum Annelida) mempunyai alat ekskresi yang berbeda. Cacing tanah mempunyai alat ekskresi khusus yang terdapat pada setiap segmen tubuhnya. Alat ekskresi ini dinamakan nefridium (jamak: nefridia). Pada setiap segmen badan cacing tanah terdapat sepasang nefridium. Hanya tiga segmen pertama dan segmen terakhir saja yang tidak terdapat alat ekskresi ini. Nefridium dilengkapi corong bersilia dan terbuka yang terletak pada sekat pemisah antarsegmen tubuh. Alat ini disebut nefrostom. Nefrostom berfungsi sebagai penarik cairan badan dari satu segmen ke segmen lainnya. Sementara, sisa metabolisme akan dikeluarkan melalui sebuah lubang yang disebut nefridiopori. Perhatikan Gambar 1. (Baca juga : Sistem Ekskresi Hewan)
tanah mempunyai alat ekskresi khusus yang terdapat pada setiap segmen Pintar Pelajaran Sistem Ekskresi Cacing Tanah
Gambar 1. Alat-alat ekskresi cacing tanah
Saat silia pada nefrostom bergetar, cairan badan dari segmen di sebelahnya akan mengalir ke dalam nefridium. Pada nefridum ini, zat berguna menyerupai glukosa dan ion-ion diserap oleh darah untuk dialirkan melalui pembuluh kapiler. Sedangkan zat sisa menyerupai air, senyawa nitrogen, dan garam yang tidak mempunyai kegunaan oleh badan dikeluarkan melalui nefridiopori.

Anda kini sudah mengetahui Sistem Ekskresi Cacing Tanah. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment