Tuesday, December 10, 2019

Pintar Pelajaran Bab Dan Fungsi Sel Saraf (Neuron) Manusia

Bagian dan Fungsi Sel Saraf (Neuron) Manusia - Sistem saraf tersusun atas sel-sel saraf yang disebut neuron. Sel-sel neuron terbagi atas beberapa bab adalah badan sel, dendrit, dan neurit (akson).

a. Badan sel, berwarna kelabu, terdiri atas membran sel, sitoplasma (neuroplasma), nukleus, nukleolus, dan retikulum endoplasma. Retikulum endoplasma yang mengelompok pada sel saraf disebut tubuh nissl.

b. Dendrit, merupakan lanjutan atau percabangan tubuh sel saraf. Dendrit berfungsi mendapatkan impuls yang tiba dari ujung akson lain, selanjutnya membawa impuls tersebut ke dalam tubuh sel saraf. Dendrit disebut juga serabut pendek neuron.

c. Neurit (akson) disebut juga serabut panjang neuron. Neurit berfungsi meneruskan impuls yang berasal dari tubuh sel saraf ke sel-sel saraf yang lain. Bagian tubuh sel saraf yang berhubungan dengan akson berbentuk segitiga dinamakan akson hillcok. Neurit terbungkus oleh selubung mielin. Selubung ini tersusun oleh sel-sel Schwann. Mielin berfungsi sebagai isolator.

Bagian neurit yang tidak berselubung mielin disebut nodus ranvier. Nodus ranvier berfungsi mempercepat jalannya impuls. Ujung neurit disebut terminal percabangan yang akan bertemu dengan ujung dendrit sel neuron yang lain. Pertemuan kedua ujung sel neuron yang berbeda disebut sinapsis. Perhatikan Gambar 1.
sel neuron terbagi atas beberapa bab adalah tubuh Pintar Pelajaran Bagian dan Fungsi Sel Saraf (Neuron) Manusia
Gambar 1. Struktur neuron
Neuron terbagi menjadi 3 macam menurut fungsi, tempat impuls disalurkan, dan strukturnya. Perbedaan neuron dapat dilihat dalam Tabel 1. berikut.

Tabel 1. Perbedaan Antara Neuron Sensorik, Neuron Motorik, dan Neuron Konektor

Ciri-Ciri
Neuron Sensorik
Neuron Motorik
Neuron Konektor
Arah impuls
Dari reseptor ke sistem saraf pusat
Dari sistem saraf sentra ke efektor
Dari neuron sensorik ke neuron motorik
Daerah yang berafiliasi dengan dendrit
Reseptor
Neurit neuron yang lain
Neuron sensorik
Daerah yang berafiliasi dengan neurit
Dendrit neuron lain
Efektor
Neuron motorik
Struktur dendrit
Panjang
Pendek
Pendek
Struktur neurit
Pendek
Panjang
Panjang

Anda kini sudah mengetahui Bagian Sel Saraf dan Fungsi Sel Saraf. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

No comments:

Post a Comment