Tuesday, December 10, 2019

Pintar Pelajaran Sistem Pernapasan Pada Binatang Invertebrata

Sistem Pernapasan pada Hewan Invertebrata - Hewan-hewan Invertebrata ada yang belum mempunyai sistem pernapasan khusus, menyerupai Porifera dan sebagian cacing (Vermes). Umumnya hewan-hewan tersebut melakukan pernapasan langsung, yakni secara difusi melalui permukaan tubuhnya. Namun, pada hewan-hewan yang lebih tinggi, seperti Mollusca dan Arthropoda sudah mempunyai sistem pernapasan khusus, walaupun masih sederhana. Misalnya Insecta dan Myriapoda beranapas memakai trakea, hewan-hewan Arachnida, contohnya laba-laba bernapas memakai paru-paru buku. Hewan-hewan yang hidup di air contohnya Crustacea (golongan udang-udangan) dan Mollusca (siput dan kerang) bernapas memakai insang. (Baca juga : Pernapasan pada Hewan)






Anda kini sudah mengetahui Pernapasan pada Hewan Invertebrata. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

No comments:

Post a Comment