Tuesday, December 10, 2019

Pintar Pelajaran Reabsorpsi Pada Proses Pembentukan Urine

Penyerapan Kembali / Reabsorpsi pada Proses Pembentukan Urine - Zat hasil filtrasi akan direabsorpsi oleh suatu bagian dalam ginjal. Reabsorpsi yaitu proses penyerapan kembali filtrat glomerulus yang masih dapat dipakai oleh tubuh. Bagian yang berperan dalam proses ini meliputi sel-sel epitelium pada tubulus proksimal, lengkung Henle, dan sebagian tubulus distal. Setelah urine primer melalui arteriol aferen akan dialirkan menuju tubulus proksimal. Kandungan glukosa dan sebagian ion seperti Na+ , Cl-, dan air dalam urine primer akan direabsorpsi. Urine primer ini juga dialirkan dan diserap pada lengkung Henle. Setelah itu, urine dialirkan menuju tubulus distal. urine primer yang mengandung zat menyerupai ion Na+ , ion HCO3- , dan air akan diserap pada tubulus dostal tersebut. Sedangkan zat-zat menyerupai ion H+, ion NH4+, urea, kretinin, dan obat-obatan disekresikan pada urine oleh tubulus tersebut. Hasil reabsorpsi ini berupa filtrat tubulus atau urine sekunder yang akan dialirkan menuju tubulus kolektipus (pengumpul). (Baca juga : Proses Pembentukan Urine)
Reabsorpsi pada Proses Pembentukan Urine Pintar Pelajaran Reabsorpsi pada Proses Pembentukan Urine
Gambar 1. Proses pembentukan urine
Anda kini sudah mengetahui Reabsorpsi pada Proses Pembentukan Urine. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment