Tuesday, December 10, 2019

Pintar Pelajaran Penyakit Hati Liver Insan : Gangguan Dan Kelainan

Penyakit Hati Liver : Gangguan dan Kelainan - Hati (liver) merupakan organ terbesar dalam tubuh manusia. Di dalam hati terjadi proses-proses penting bagi kehidupan kita, yaitu proses penyimpanan energi, pembentukan protein dan asam empedu, pengaturan metabolisme kolesterol, dan penetralan racun atau obat yang masuk dalam tubuh kita. Apabila fungsi hati terganggu maka akan terjadi efek yang kompleks pada kesehatan tubuh. Berikut akan dipaparkan beberapa penyebab penyakit hati.

1. Hepatitis

Hepatitis ialah peradangan pada sel-sel hati. Peradangan ini disebabkan oleh virus, terutama virus hepatitis A, B, C, D, dan E. Pada umumnya penderita hepatitis A dan E sanggup disembuhkan, sebaliknya hepatitis B dan C sanggup menjadi kronis. Sementara itu hepatitis D hanya sanggup menyerang penderita yang telah terinfeksi virus hepatitis B sehingga kondisi ini sanggup memperparah keadaan penderita.

2. Sirosis hati

Sirosis hati ialah gangguan hati yang disebabkan oleh banyaknya jaringan ikat pada hati. Sirosis hati ini dapat terjadi lantaran virus hepatitis B dan C yang berkelanjutan. Berkembangnya virus ini sanggup dipicu oleh konsumsi alkohol yang berlebihan, salah gizi, atau penyakit lain yang disebabkan oleh tersumbatnya kanal empedu. Penyakit ini belum dapat disembuhkan. Sementara itu pengobatan yang dilakukan hanya mempunyai kegunaan mengobati komplikasi yang terjadi seperti berak darah, perut membesar, mata kuning, serta koma hepatikum. Perhatikan Gambar 1. untuk mengetahui perbedaan hati yang sehat dan terkena sirosis.
akan terjadi efek yang kompleks pada kesehatan tubuh Pintar Pelajaran Penyakit Hati Liver Manusia : Gangguan dan Kelainan
Gambar 1. Perbedaan hati yang sehat dan hati yang terkena sirosis.
3. Kanker hati

Kanker hati ialah kelainan hati yang disebabkan oleh berkembangnya sel-sel kanker pada jaringan hati. Kanker ini sebagai komplikasi simpulan dari hepatitis kronis karena virus hepatitis B, C, dan hemokromatis

4. Perlemakan hati

Perlemakan hati ialah kelainan hati akibat adanya penimbunan lemak yang melebihi 5% dari berat hati, sehingga lemak ini membebani lebih dari separuh jaringan hati. Perlemakan hati sering berpotensi menjadi penyebab sirosis hati. Kelainan ini sanggup dipicu oleh konsumsi alkohol yang berlebih.

5. Kolestasis dan Jaundice

Kolestasis dan Jaundice, merupakan keadaan akibat terjadinya kegagalan hati dalam memproduksi dan atau pengeluaran empedu. Kolestasis sanggup menyebabkan gagalnya perembesan lemak dan vitamin A, D, E, dan K oleh usus, juga sanggup menjadikan terjadinya penumpukan asam empedu, bilirubin dan kolesterol di hati.

6. Hemokromatosis

Hemokromatosis ialah kelainan metabolisme yang ditandai dengan adanya pengendapan besi secara berlebihan dalam jaringan. Penyakit ini bersifat genetik atau keturunan.

Tips bagi Penderita Penyakit Hati :
  1. Diet seimbang. Jumlah kalori yang dibutuhkan disesuaikan dengan tinggi badan, berat badan, dan aktivitas. Pada keadaan tertentu diperlukan diet rendah protein.
  2. Banyak makan sayur dan buah serta melaksanakan aktivitas sesuai kemampuan untuk mencegah sembelit.
  3. Menjalankan contoh hidup yang teratur.
  4. Konsultasi secara teratur dengan dokter Anda.
Anda kini sudah mengetahui Penyakit Hati. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

No comments:

Post a Comment