Tuesday, December 10, 2019

Pintar Pelajaran Sistem Pernapasan Pada Amfibi : Fase Wangsit Ekspirasi


Fase Insiprasi Ekspirasi Sistem Pernapasan pada Amfibi - Katak muda (berudu) memakai insang untuk mengambil O2 yang terlarut dalam air. Setelah berumur lebih kurang 12 hari, insang luar diganti dengan insang dalam. Setelah dewasa, katak bernapas memakai selaput rongga mulut, paru-paru, dan kulit. Selaput rongga verbal sanggup berfungsi sebagai alat pernapasan alasannya tipis dan banyak terdapat kapiler yang bermuara di kawasan itu. Pada ketika terjadi gerakan rongga mulut dan faring, lubang hidung terbuka dan glotis tertutup, sehingga udara berada di rongga verbal dan berdifusi masuk melalui selaput rongga verbal yang tipis. Pernapasan dengan kulit dilakukan secara difusi. Hal ini karena kulit katak tipis, selalu lembap, dan mengandung banyak kapiler darah. Pernapasan dengan kulit berlangsung secara efektif baik di air maupun di darat. Oksigen (O2) yang masuk lewat kulit akan diangkut melalui vena kulit paru-paru (vena pulmo kutanea) menuju ke jantung untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Sebaliknya karbon dioksida (CO2) dari jaringan akan dibawa ke jantung, dari jantung dipompa ke kulit dan paru-paru melalui arteri kulit paru-paru (arteri pulmo kutanea). Dengan demikian, pertukaran oksigen dan karbondioksida terjadi di kulit.

Katak juga bernapas dengan paru-paru, tetapi belum sebaik paru-paru Mammalia. Perhatikan Gambar 1. 
 insang luar diganti dengan insang dalam Pintar Pelajaran Sistem Pernapasan pada Amfibi : Fase Inspirasi Ekspirasi
Gambar 1. Bentuk paru-paru pada Amfibi
Paru-paru katak berupa sepasang kantung tipis yang elastis sehingga udara pernapasan sanggup berdifusi, dan dindingnya banyak dikelilingi kapiler darah sehingga paru-paru katak berwarna kemerahan. Paru-paru dengan rongga mulut dihubungkan oleh bronkus yang pendek. Seperti pada ikan, pernapasan pada katak mencakup proses wangsit dan ekspirasi yang berlangsung pada ketika verbal dalam keadaan tertutup. Mekanisme pernapasan ini diatur oleh otot-otot pernapasan, yaitu: otot rahang bawah (submandibularis), sternohioideus, geniohioideus, dan otot perut. Perhatikan Gambar 2.
 insang luar diganti dengan insang dalam Pintar Pelajaran Sistem Pernapasan pada Amfibi : Fase Inspirasi Ekspirasi
Gambar 2. Skema prosedur pernapasan pada katak
Mekanisme wangsit dan ekspirasi dijelaskan menyerupai berikut.

1) Fase inspirasi

Fase wangsit terjadi jikalau otot sternohioideus berkontraksi sehingga rongga verbal membesar, akibatnya oksigen masuk melalui koane (celah hidung). Setelah itu, koane menutup, otot submandibularis dan otot geniohioideus berkontraksi, sehingga rongga mulut mengecil. Mengecilnya rongga verbal mendorong oksigen masuk ke paru-paru lewat celah-celah. Dalam paru-paru terjadi pertukaran gas, oksigen diikat oleh darah yang berada dalam kapiler dinding paru-paru, dan sebaliknya karbon dioksida dilepaskan ke lingkungan.

2) Fase ekspirasi

Mekanisme ekspirasi terjadi setelah pertukaran gas di dalam paru-paru, otot rahang bawah mengendur atau berelaksasi, sementara otot perut dan sternohioideus berkontraksi. Hal ini mengakibatkan paru-paru mengecil, sehingga udara tertekan keluar dan masuk ke dalam rongga mulut. Selanjutnya koane membuka, sedangkan celah tekak menutup, sehingga terjadi kontraksi otot rahang bawah yang diikuti berkontraksinya otot geniohioideus. Akibatnya, rongga verbal mengecil dan udara yang kaya karbon dioksida terdorong keluar melalui koane.

Anda kini sudah mengetahui Pernapasan pada Amfibi. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

No comments:

Post a Comment