Tuesday, December 10, 2019

Pintar Pelajaran Sistem Pernapasan Pada Ikan (Pisces)

Sistem Pernapasan pada Ikan - Sebagian besar ikan memakai alat pernapasan yang disebut insang. Pada ikan bertulang sejati, menyerupai ikan mas, insangnya memiliki tutup pelindung insang yang disebut operkulum. Namun, bagian ini tidak dimiliki ikan hiu. Insang berada pada sisi sebelah kanan dan sisi sebelah kiri kepala ikan, tepatnya terletak di dalam rongga insang. Setiap sisinya terdapat lembar insang berjumlah 5-7 buah, Masing-masing insang ini dipisahkan oleh sebuah celah insang. Insang ikan mempunyai bagian-bagian penting menyerupai lengkung insang yang berasal dari tulang rawan, rigi-rigi insang yang berguna sebagai penyaring air dikala bernapas, dan filamen / lembaran insang yang berwarna merah muda dengan bentuk menyerupai sisir. Warna merah muda menawarkan bahwa lembaran insang terdapat pembuluh kapiler darah. Sehingga, sangat masuk akal bila pertukaran oksigen dan karbon dioksida terjadi di kawasan ini.

 memakai alat pernapasan yang disebut Pintar Pelajaran Sistem Pernapasan pada Ikan (Pisces)
Gambar 1. Sistem pernapasan ikan
Ketika bernapas, ikan memakai dua fase pernapasan, yakni fase inspirasi dan fase ekspirasi. Fase ide terjadi jikalau air masuk ke dalam rongga lisan ikan. Masuknya air alasannya ialah dipengaruhi tekanan udara dalam rongga lisan yang lebih kecil daripada tekanan udara di air. Sementara itu, fase ekspirasi terjadi dikala rongga lisan ikan tertutup. Akibatnya, udara masuk ke insang secara difusi. Secara bersamaan operkulum terbuka. Akibatnya, air mengalir melalui celah insang dan menyentuh lembaran-lembaran insang. Secara otomatis, karbondioksida dilepaskan oleh darah dan sebaliknya oksigen diikat.

Anda kini sudah mengetahui Sistem Pernapasan Ikan. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment