Tuesday, December 10, 2019

Pintar Pelajaran Sistem Pernapasan Pada Protozoa

Sistem Pernapasan pada Protozoa - Hewan protozoa menyerupai Amoeba atau Paramaecium bernapas menggunakan permukaan tubuhnya. Oksigen dan karbondioksida saling berdifusi melalui membran sel. Saat Amoeba bernapas, konsentrasi oksigen dalam sel semakin berkurang (rendah), sedangkan sisa metabolisme yang berupa karbondioksida di dalam sel semakin tinggi konsentrasinya. Di sisi lain, konsentrasi oksigen dalam air lebih tinggi daripada di dalam sel, sementara konsentrasi oksigennya lebih rendah. Akibatnya, oksigen dari luar akan berdifusi ke dalam sel, sementara karbondioksida berdifusi keluar sel menuju air. Perhatikan Gambar 1.
Hewan protozoa menyerupai Amoeba atau Paramaecium bernapas Pintar Pelajaran Sistem Pernapasan pada Protozoa
Gambar 1. Pertukaran gas pada Amoeba
Pertukaran gas tersebut akan terjadi pada seluruh luas permukaan tubuh protista. Selain itu, proses menyerupai ini terjadi juga pada organisme uniselluler lain dan beberapa binatang menyerupai spons, Cnidaria, dan cacing pipih.

Anda kini sudah mengetahui Pernapasan pada Protozoa. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :
Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment