Monday, December 9, 2019

Pintar Pelajaran Kelenjar Adrenal (Anak Ginjal) : Fungsi Dan Hormon

Kelenjar Adrenal (Anak Ginjal) pada Manusia : Fungsi dan Hormon - Kelenjar adrenal (glandula adrenal) pada insan berbentuk sepasang struktur kecil yang terletak di ujung anterior ginjal dan kaya akan darah. Masing-masing struktur kelenjar ini mempunyai dua bagian, yakni bagian luar (korteks) dan cuilan dalam (medula). Bagian korteks kelenjar adrenal menghasilkan hormon adrenalin (epinefrin) yang besar lengan berkuasa dalam penyempitan pembuluh darah sehingga tekanan darah dan denyut jantung meningkat. Hormon ini juga berperan mengubah glikogen (gula otot) menjadi glukosa (gula darah). Selain itu, hormon adrenalin bersama hormon insulin memengaruhi proses pengaturan kadar gula dalam darah. Sementara itu, cuilan korteks (bagian luar) adrenal mengeluarkan hormon kortin yang tersusun atas kortison dan deoksikortison. Hormon kortin sanggup memudahkan perubahan protein menjadi karbohidrat, kemudian juga mengatur metabolisme garam dan air. Penyakit insan yang disebabkan oleh kurangnya sekresi hormon ini adalah penyakit Addison. Gejala yang timbul pada penderita penyakit ini antara lain tekanan darah rendah, kelemahan otot, gangguan pencernaan, peningkatan retensi kalium dalam cairan badan dan sel, kulit kecoklatan, dan nafsu makan hilang. Penderitanya sanggup diobati dengan proteksi hormon kortin melalui verbal atau intramuskular. Kelainan hipersekresi kelenjar adrenal pada perempuan mengakibatkan virilisme, yaitu timbulnya ciri-ciri kelamin sekunder pada laki-laki dan wanita.
struktur kecil yang terletak di ujung anterior ginjal dan kaya akan Pintar Pelajaran Kelenjar Adrenal (Anak Ginjal) : Fungsi dan Hormon
Gambar 1. Kelenjar adrenal
Hormon yang dihasilkan oleh kelenjar ini beserta fungsinya sanggup dilihat dalam Tabel 1. berikut.

Tabel 1. Jenis Hormon yang Dihasilkan Oleh Kelenjar Adrenal

Bagian Kelenjar Adrenal
Hormon
Fungsi
Korteks
Korteks mineral
Menyerap natrium darah
Mengatur reabsorpsi air pada ginjal
Glukokortikoid
Menaikkan kadar glukosa darah
Pengubahan protein menjadi glikogen di hati
Mengubah glikogen menjadi glukosa
Androgen
Membentuk sifat kelamin sekunder laki-laki
Medula
Adrenalin/epineprin
Mengubah glikogen dalam otot menjadi glukosa (dalam darah)

Penyakit Addison

Penyakit Addison pertama kali ditemukan pada tahun 1855 oleh seorang dokter dan fisikawan Inggris bernama Thomas Addison (1793-1860). Addison menjelaskan gejala yang diperoleh daridegenerasi korteks atau lapisan luar dari kelenjar adrenal. Ia juga memimpin penelitan penting pada penyakit tuberkolosis, anemia yang merusak, pneumonia, dan banyak sekali penyakit kulit. Lahir di Longbenton, Inggris, Addison berguru di fakultas kedokteran Universitas Edinburg di Skotlandia, dan memperoleh gelar sarjana kedokteran tahun 1815. Setelah mengabdi di Rumah Sakit Lock di London sebagai ahli bedah, ia menjadi asisten ilmu fisika. Kemudian ia juga pemberi kuliah di Rumah Sakit Guy Landon, setelah menjadi seorang staf fisika di sana pada tahun 1837. (Sumber: Microsoft Encarta Premium 2006)

Anda kini sudah mengetahui Kelenjar Adrenal atau Kelenjar Anak Ginjal. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment