Tuesday, December 10, 2019

Pintar Pelajaran Penyebab Penyakit Ginjal : Gangguan Dan Kelainan

Penyebab Penyakit Ginjal : Gangguan dan Kelainan - Fungsi ginjal sebagai alat ekskresi sanggup terganggu oleh berbagai alasannya yang sanggup menimbulkan penyakit dan kelainan-kelainan pada tubuh. Macam-macam penyakit dan kelainan tersebut sebagai berikut. Nefritis ialah rusaknya ginjal pada glomerulus akibat infeksi kuman Streptococcus. Infeksi ini sanggup menyebabkan urea dan asam urat masuk kembali ke dalam darah serta terganggunya reabsorpsi air. Jika urea dan asam urat masuk ke dalam darah mengakibatkan uremia, dan apabila reabsorpsi air terganggu akan mengakibatkan edema atau pembengkakan kaki akhir terjadinya penimbunan air. Apabila nefritis ini tidak segera terobati sanggup mengakibatkan ”gagal ginjal”, yaitu tidak bekerjanya fungsi ginjal sebagai organ ekskresi. Gagal ginjal ini sanggup ditolong dengan melakukan basuh darah. Apabila fungsi ginjal terganggu, maka nefron tidak lagi mampu menyerap secara efektif beberapa substrat yang seharusnya diserap, contohnya: albumin, protein, dan glukosa. Apabila dalam urine seseorang terdapat albumin maka diduga menderita albuminuria. Namun, apabila di dalam urine ditemukan adanya glukosa maka diduga menderita glukosuria. Adanya glukosa dalam urine dapat disebabkan oleh tingginya glukosa dalam darah, sehingga nefron tidak bisa menyerap kelebihan glukosa tersebut. Tingginya kadar glukosa dalam fatwa darah sanggup dipicu oleh kurangnya hormon insulin dalam tubuh.

Gangguan pada ginjal sanggup disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Misalnya terlalu banyak mengonsumsi garam mineral dan sedikit mengonsumsi air. Hal ini sanggup memicu terbentuknya kerikil ginjal di dalam rongga ginjal, jalan masuk ginjal, atau kandung kemih. Apabila batu ginjal terdapat di jalan masuk ginjal, maka jalan masuk urine akan tersumbat. Keadaan ini mengakibatkan membesarnya salah satu ginjal (hidronefrosis) lantaran urine tidak sanggup dialirkan keluar.

Gesekan akhir kerikil ginjal mengakibatkan peradangan pada organ urinaria sehingga memungkinkan eritrosit terangkut dalam urine. Apabila ini terjadi maka orang tersebut menderita hematuria.

Mengapa Sakit Ginjal dapat Memicu Munculnya Penyakit Lain ?

Organ ginjal walaupun berukuran kecil, tetapi mempunyai fungsi sangat vital. Di antaranya sebagai kawasan membersihkan darah dari banyak sekali zat sisa hasil metabolisme serta racun-racun tubuh. Zat sisa dan racun tubuh tersebut kemudian dibuang menjadi air seni (urine). Selain itu, ginjal juga berfungsi menjaga keseimbangan, mengatur konsentrasi dan komposisi cairan tubuh, mempertahankan volume dan tekanan darah, mengatur produksi sel darah merah, dan menghasilkan hormon seperti erithropoetin (EPO), renin, dan vitamin D. Nah, lantaran banyaknya fungsi ginjal ini maka apabila ada suatu kelainan pada ginjal maka dapat menimbulkan penyakit lain.

Anda kini sudah mengetahui Penyakit Ginjal. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

No comments:

Post a Comment