Tuesday, December 10, 2019

Pintar Pelajaran Jembatan Varol (Ponds Varolii) : Struktur Dan Fungsi

Jembatan Varol (Ponds Varolii) - Jembatan varol merupakan bab dari batang otak. Pada insan dan makhluk berkaki dua lainnya, jembatan varol berada di atas medulla, di bawah otak tengah dan bab anterior pada otak kecil.

Jembatan varol juga disebut pons Varolii ("jembatan Varoli"), dinamakan menurut andal anatomi Italia dan andal bedah Costanzo Varolio (1543-1575). Materi putih ini terdiri dari terusan yang mengirimkan sinyal dari serebrum (otak besar) hingga ke serebelum (otak kecil) dan medula  dan terusan yang membawa sinyal sensorik ke dalam thalamus.

Jembatan varol pada insan mempunyai ukuran panjang sekitar 2,5 cm atau 1 inci. Sebagian besar muncul sebagai tonjolan anterior rostral yang meluas hingga ke medula. Pada bab posterior, sebagian besar terdiri dari dua pasang batang tebal yang disebut peduncles serebelum. Bagian ini menghubungkan otak kecil dengan pons varolii dan otak tengah.

Pons varolii berisi inti sel yang memberikan sinyal dari otak depan ke otak kecil, bersama dengan inti yang berafiliasi dengan tidur, respirasi, menelan, kontrol kandung kemih, pendengaran, keseimbangan, rasa, gerakan mata, lisan wajah, sensasi wajah dan postur.

Di dalam jembatan varol terdapat sentra pneumotaxic, inti yang mengatur perubahan pengambilan dan pengeluaran nafas.

Anda kini sudah mengetahui Jembatan Varol. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber., Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment