Monday, December 9, 2019

Pintar Pelajaran Kelenjar Gonad (Kelamin) : Fungsi Dan Hormon

Kelenjar Gonad (Kelamin) pada Manusia : Fungsi dan Hormon - Kelenjar kelamin disebut pula dengan gonad. Meskipun fungsi utamanya yaitu memproduksi sel-sel kelamin, namun kelenjar kelamin juga memproduksi hormon. Kelenjar kelamin laki-laki terdapat pada testis, sementara kelenjar kelamin perempuan berada pada ovarium. Di dalam testis terdapat sel Leydig yang menghasilkan hormon testosteron atau androgen. Hormon testosteron sangat berpengaruh terhadap proses spermatogenesis (proses pembentukan sperma) dan pertumbuhan sekunder pada laki-laki. Pertumbuhan sekunder pada anak laki-laki ditandai dengan bunyi menjadi besar, pundak dan dada bertambah bidang, dan tumbuh rambut pada bab badan tertentu misalnya kumis, janggut, cambang, ketiak, dan sekitar kemaluan. Sementara itu, hormon estrogen dan progesteron disekresikan oleh ovarium. Estrogen dihasilkan oleh folikel de Graff dan dirangsang oleh hormon FSH. Hormon estrogen berfungsi ketika pembentukan kelamin sekunder wanita, menyerupai pundak mulai berisi, tumbuhnya payudara, pinggul menjadi lebar, dan rambut mulai tumbuh di ketiak dan kemaluan. Di samping itu, hormon enstrogen juga membantu dalam pembentukan lapisan endometrium.

Bagi wanita, hormon progesteron berfungsi menjaga penebalan endometrium, menghambat produksi hormon FSH, dan memperlancar produksi laktogen (susu). Hormon ini dihasilkan oleh korpus luteum dan dirangsang oleh LH. Kelenjar ini dibedakan menjadi kelenjar gonad pada wanita dan kelenjar gonad pada pria. Hormon yang dihasilkan kelenjar ini sanggup dilihat dalam Tabel 1. berikut.

Tabel 1. Jenis Hormon yang Dihasilkan Oleh Kelenjar Gonad pada Wanita dan Pria

Kelenjar
Hormon
Berperan Dalam
Gonad
Ovarium  pada wanita
Estrogen
Menentukan ciri pertumbuhan kelamin sekunder
Progesteron
Penebalan dan perbaikan dinding uterus
Testis pada pria
Testosteron
Menentukan ciri pertumbuhan kelamin sekunder

Anda kini sudah mengetahui Kelenjar Gonad dan Kelenjar Kelamin. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment