Tuesday, December 10, 2019

Pintar Pelajaran Fungsi Otak Insan : Struktur Anatomi Bagian

Struktur Anatomi dan Fungsi Otak Manusia - Otak merupakan benda lengket yang lunak, berminyak, dan kenyal. Jutaan saraf menghubungkannya dengan seluruh tubuh, syaraf tersebut membawa pesan baik menuju otak atau dari otak. Beratnya sekitar 1,6 kg pada pria dan 1,45 kg pada perempuan. Perbedaan ini terjadi semata-mata karena bentuk otak pria yang lebih besar dan berat. Sementara,berat ini tidak terkait dengan kecerdasan seseorang. Namun, banyaknya jumlah kekerabatan sel dalam otaklah yang menunjukkan kecerdasan. Otak insan terdiri atas dua belahan (hemisfer) yang besar, yakni belahan kiri dan belahan kanan. Oleh karena terjadi pindah silang pada tali spinal, belahan otak kiri mengendalikan sistem bab kanan tubuh, sebaliknya belahan kanan mengendalikan sistem bab kiri tubuh. Tali spinal (sumsum tulang belakang) merupakan tali putih kemilau yang berasal dari dasar otak hingga tulang belakang. Saat masih embrio, otak insan terdapat tiga bagian yaitu otak depan, otak tengah, dan otak belakang. Setelah dewasa, otak depannya terbagi menjadi telensefalon dan diensefalon. Sementara, otak belakangnya terbagi menjadi metensefalon dan mielensefalon. Bagian dorsal metensefalon membentuk serebelum, sedangkan mielensefalon menjadi medula oblongata.
 Jutaan saraf menghubungkannya dengan seluruh Pintar Pelajaran Fungsi Otak Manusia : Struktur Anatomi Bagian
Gambar 1. Bagian-bagian otak manusia
 Jutaan saraf menghubungkannya dengan seluruh Pintar Pelajaran Fungsi Otak Manusia : Struktur Anatomi Bagian
Gambar 2. Perkembangan otak dari embrio hingga dewasa
Antara bab tengah sumsum tulang belakang dan otak terdapat terusan yang saling berhubungan, yang disebut ventrikel. Ventrikel membagi otak menjadi empat ruangan. Di dalam ventrikel, terdapat cairan serebrospinal yang dapat bertukar materi dengan darah dari pembuluh kapiler pada otak.

1. Otak depan (Prosensefalon)

Otak depan terdiri atas dua lobus berikut.

(a) Thalamus

Thalamus berfungsi mendapatkan semua rangsang yang berasal dari reseptor (kecuali bau) ke area sensorik serebrum, serta melaksanakan persepsi rasa sakit dan rasa menyenangkan.

(b) Hipothalamus

Hipothalamus adalah pusat koordinasi sistem saraf tepi (otonom). Hipotalamus berfungsi mengatur suhu badan pada organisme homoiotermal. Akibatnya, suhu tubuh relatif tetap, tidak terpengaruh oleh suhu lingkungan. Hipothalamus berfungsi mengatur rasa lapar sehingga manusia melakukan aktivitas makan. Hipothalamus mengatur emosi, kadar air dalam tubuh, kegiatan produksi, tekanan darah, dan kadar gula dalam darah.

2. Otak Tengah (Mesenfalon)

Otak tengah terletak di depan otak kecil (serebelum) dan jembatan Varol. Otak tengah berperan dalam refleks mata dan kontraksi otot yang terus menerus.

3. Otak Belakang (Rombesenfalon)

Anda kini sudah mengetahui mengenai Fungsi Otak. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment