Tuesday, December 10, 2019

Pintar Pelajaran Kelenjar Pankreas (Langerhans) : Fungsi Dan Hormon

Kelenjar Pankreas (Langerhans) : Fungsi dan Hormon - Kelenjar prankeas dinamakan juga kelenjar Langerhans atau pulau Langerhans. Pulau Langerhans merupakan sekelompok kecil yang tersebar di seluruh pankreas. Sel-sel pulau Langerhans tak terkait dengan jalan masuk pembawa getah pankreas yang menuju duodenum. Namun, sel-sel kelenjar ini sangat kaya akan pembuluh darah. Sekresi yang dihasilkan dari kelenjar Langerhans ialah hormon insulin, sebuah hormon berbentuk protein yang ditemukan oleh Dr. Frederick Banting pada tahun 1922. Hormon insulin berperan saat proses pengubahan gula darah (glukosa) menjadi gula otot (glikogen) di dalam hati. Sehingga, oleh hormon tersebut, kadar gula darah menjadi turun. Kekurangan hormon insulin pada seseorang sanggup menyebabkan penyakit diabetes melitus atau penyakit ken cing manis. Gejala penyakit kencing bagus ditandai dengan tingginya glukosa dalam darah yang tinggi. Glukosa yang ada dalam badan penderita tidak diubah menjadi glikogen dan lemak, justru sebaliknya glikogen dan lemak yang diubah menjadi glukosa. Selain hormon insulin, kelenjar Langerhans juga memproduksi hormon guklagon. Hormon guklagon hormon yang berperan dalam mengubah glikogen menjadi glukosa.

Kelenjar prankeas dinamakan juga kelenjar Pintar Pelajaran Kelenjar Pankreas (Langerhans) : Fungsi dan Hormon
Gambar 1. Kelenjar pankreas
Kelenjar prankeas dinamakan juga kelenjar Pintar Pelajaran Kelenjar Pankreas (Langerhans) : Fungsi dan Hormon
Gambar 1. Homeostasis oleh insulin dan glukagon
Hormon yang dihasilkan pankreas beserta fungsinya dijelaskan dalam Tabel 1. berikut.

Tabel 1. Jenis-Jenis Hormon yang Dihasilkan Oleh Kelenjar Pankreas

Kelenjar
Hormon
Fungsi
Efek
Pankreas
Insulin
Mengubah gula darah (glukosa) menjadi gula otot (glikogen) di hati
Menurunkan kadar gula darah

Glukogen
Mengubah glikogen menjadi glukosa
Meningkatkan kadar gula darah

Anda kini sudah mengetahui Kelenjar Pankreas atau Kelenjar Langerhans. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment