Saturday, April 27, 2019

Pintar Pelajaran Fungsi Pembuluh Nadi Arteri

Letak Gambar Pengertian Fungsi Pembuluh Nadi Arteri - Pembuluh nadi atau arteri merupakan pembuluh darah yang mengalirkan darah dari dalam jantung ke seluruh tubuh. Bisa saja diartikan pembuluh darah yang mengalirkan darah keluar dari jantung. Diameter pembuluh nadi bervariasi, mulai dari yang paling besar adalah aorta (± 20 mm ) hingga ke cabangcabang yang paling kecil adalah arteriol (± 0,2 mm ). Kebanyakan pembuluh nadi mengalirkan darah yang mengandung oksigen. Pada pembuluh nadi terdapat dinding yang bersifat elastis (kenyal) dan bisa berkontraksi. Dinding pembuluh nadi ini terdiri atas 3 macam jaringan, mencakup jaringan ikat pada lapisan paling luar, jaringan otot yang tebal, dan jaringan endotelium yang melapisi permukaan dalam arteri. Penimbunan senyawa-senyawa lemak pada dinding arteri dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh dan hilangnya kekenyalan dinding. Kondisi demikian disebut arteriosklerosis. (Baca juga : Pembuluh Darah)

Arteri yang membawa darah dari ventrikel kiri jantung menuju seluruh badan disebut aorta. Sementara, arteri bercabang-cabang membentuk pipa yang lebih kecil disebut arteriola. Arteriola ini membentuk cabang-cabang lebih kecil dan ujung-ujungnya berhubungan eksklusif dengan sel-sel tubuh. Cabang-cabang inilah yang dinamakan kapiler. Lihat Gambar 1.
Pembuluh nadi atau arteri merupakan pembuluh darah Pintar Pelajaran Fungsi Pembuluh Nadi Arteri
Gambar 1. Struktur pembuluh nadi arteri
Di dalam sistem peredaran darah, arteri terdiri atas 2 macam, yakni arteri pulmonalis dan arteri hepatica. Arteri pulmonalis (arteri paru-paru) merupakan pembuluh nadi yang membawa darah kotor atau mengandung CO2 keluar dari jantung menuju paru-paru (pulmo). Adapun arteri hepatica merupakan pembuluh nadi yang membawa darah higienis (kaya O2) menuju ke hepar (hati).

Anda kini sudah mengetahui Pembuluh Nadi Arteri. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :
Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment