Wednesday, April 3, 2019

Pintar Pelajaran Struktur Dan Fungsi Laring / Pangkal Tenggorokan

Struktur dan Fungsi Laring / Pangkal Tenggorokan pada Manusia - Dari faring, udara pernapasan akan menuju pangkal tenggorokan atau disebut juga laring. Laring tersusun atas penggalan tulang rawan yang membentuk jakun. Jakun tersebut tersusun oleh tulang lidah, katup tulang rawan, perisai tulang rawan, piala tulang rawan, dan gelang tulang rawan. Pangkal tenggorokan sanggup ditutup oleh katup pangkal tenggorokan (epiglotis). Jika udara menuju tenggorokan, anak tekak melipat ke bawah, dan ketemu dengan katup pangkal tenggorokan sehingga membuka jalan udara ke tenggorokan. Saat menelan makanan, katup tersebut menutupi pangkal tenggorokan dan ketika bernapas katup tersebut akan membuka. Pada pangkal tenggorokan terdapat pita bunyi yang bergetar bila ada udara melaluinya. Misalnya saja ketika kita berbicara. Lihat Gambar 1. (Baca juga : Fungsi Alat Pernapasan)

 udara pernapasan akan menuju pangkal tenggorokan Pintar Pelajaran Struktur dan Fungsi Laring / Pangkal Tenggorokan
Gambar 1. Pita bunyi memisah untuk bernapas (atas) dan ditarik bersama untuk berbicara (bawah)
Anda kini sudah mengetahui mengenai Laring atau Pangkal Tenggorokan. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :
Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment