Tuesday, April 30, 2019

Pintar Pelajaran Sistem Golongan Darah Rhesus


Sistem Golongan Darah Rhesus Positif dan Negatif - Selain sistem ABO, dalam penentuan golongan darah manusia dapat pula memakai sistem Rhesus (Rh). Reshus atau Rh merupakan antigen lain yang terdapat pada sel darah merah. Istilah Rh berasal dari “rhesus”, sebab antigen ini pertama kali ditemukan tahun 1940 oleh Landsteiner dan A.S. Wenner di dalam darah kera Mocacus rhesus. Sel darah yang mempunyai antigen Rh disebut Rh+ (Rhesus faktual ), sedangkan yang tidak mempunyai antigen Rh disebut Rh- (Rhesus negatif). Apabila orang yang mempunyai darah Rh negatif ditransfusi dengan darah Rh faktual (Rh+), orang bergolongan darah Rh negatif (Rh-) tersebut dengan segera akan membentuk antibodi anti-Rh, sehingga terjadi aglutinasi darah. (Baca juga : Golongan Darah)

Masalah akan timbul kalau seorang ibu berdarah Rh negatif mengandung bayi dengan darah Rh positif. Meskipun sistem peredaran darah ibu dan anak terpisah, namun acapkali ada sedikit sel-sel darah yang masuk pada sistem peredaran darah ibu melalui plasenta. Kejadian ini biasanya terjadi pada dikala terakhir kehamilan. Untuk merespons sel darah yang aneh tersebut, darah ibu akan membentuk antibodi. Antibodi tersebut masuk ke dalam sistem peredaran darah bayi melalui plasenta. Darah bayi merupakan protein asing (antigen) bagi antibodi, sehingga antibodi akan bereaksi terhadap darah bayi, risikonya terjadi aglutinasi. Adanya aglutinasi dalam sel darah akan mengakibatkan anemia, dan nama penyakit tersebut dinamakan eritroblastosis foetalis. Apabila penyakit ini tidak sanggup ditangani, bayi bisa mengalami kematian. Coba kalian perhatikan Tabel 1. berikut.

Tabel 1. Golongan Darah Rhesus dengan Antigen/Aglutinogen dan Aglutinin/Antibodi

Golongan darah
Antigen/Aglutinogen
Aglutinin/Antibodi           
Rhesus faktual (Rh+)
ada antigen Rhesus
ada antibodi anti-Rh
Rhesus negatif (Rh -)
tidak ada antigen Rhesus
tidak ada antibodi anti-Rh

Anda kini sudah mengetahui Sistem Golongan Darah Rhesus Positif dan Golongan Darah Rhesus Negatif. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :
Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment