Friday, April 19, 2019

Pintar Pelajaran Sistem Peredaran Darah Pada Kadal (Reptil)


Sistem Peredaran Darah pada Kadal (Reptil) - Alat pemompa darah atau jantung reptilia mempunyai struktur yang berbeda dibandingkan ikan dan katak. Ini ditunjukkan dari ventrikelnya yang mempunyai sekat (septum) tak sempurna. Apabila ventrikel berkontraksi, lubang sekat ini akan menutup, sehingga sesaat ventrikel terbagi menjadi dua bab yang terpisah, adalah ventrikel kanan dan kiri. Meskipun demikian, jantung reptilia dianggap mempunyai tiga bagian, mencakup atrium kanan, atrium kiri, dan ventrikel yang sanggup memodifikasi diri. Simak Gambar 1. (Baca juga : Sistem Peredaran Darah pada Hewan Vertebrata)

yang berbeda dibandingkan ikan dan katak Pintar Pelajaran Sistem Peredaran Darah pada Kadal (Reptil)
Gambar 1. Organ jantung pada kadal
Adapun pada atrium reptilia, terdapat sekat (septum) sempurna, yang menyebabkan darah dari kedua atrium tidak bercampur. Ada juga sekat ventrikel reptilia yang hampir sempurna, misalnya buaya. Sekat di antara ventrikel buaya ini disebut foramen panizzae, yang berfungsi mengedarkan oksigen (O2) ke seluruh jaringan badan dan juga menjaga keseimbangan tekanan cairan pada jantung ketika buaya menyelam dalam air.

Saat darah reptilia beredar, darah yang mengandung karbondioksida (CO2) dari seluruh jaringan badan dialirkan menuju sinus venosus. Setelah itu, darah menuju atrium kanan, dan dilanjutkan ke ventrikel. Berikutnya, darah mengalir menuju arteri pulmonalis dan akhirnya masuk ke paru-paru. Di dalam paru-paru, kandungan gas karbondioksida (CO2) dalam darah dilepaskan, sementara gas oksigen (O2) diikat.

Darah yang berasal dari paru-paru akan menuju atrium kiri melalui vena pulmonalis. Selanjutnya, darah mengalir menuju ventrikel yang diteruskan menuju aorta. Aorta terbagi atas dua lung aorta, yang arahnya ke kanan dan ke kiri. Lung aorta kanan membawa darah yang berasal dari ventrikel kiri untuk diedarkan ke kepala dan anggota tubuh (organ) bab depan. Sementara lung aorta kiri membawa darah yang berasal dari ventrikel kiri untuk dialirkan ke seluruh anggota tubuh (organ) bab belakang.

Anda kini sudah mengetahui Sistem Peredaran Darah pada Kadal. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment