Saturday, April 27, 2019

Pintar Pelajaran Fungsi Pembuluh Kapiler Darah Manusia

Artikel Makalah Ciri-ciri Pengertian Fungsi Pembuluh Kapiler Darah Manusia - Pembuluh kapiler yakni pembuluh darah berbentuk kecil/halus yang berasal dari percabangan pembuluh arteriol dan venula. Pada percabangan pembuluh arteriol, pembuluh kapiler memiliki diameter ± 0,10 mm. Sedangkan pada percabangan venula, pembuluh kapiler mempunyai diameter + 0,2 mm. Pada pembuluh kapiler terdapat sebuah dinding yang bersifat per meabel. Sehingga, cairan badan dan zat-zat terlarut yang melewatinya dapat keluar masuk melalui dinding sel tersebut. Selain itu, pada pembuluh kapiler juga terjadi pertukaran oksigen, karbondioksida, dan zat-zat makanan, serta hasil-hasil ekskresi dengan jaringan yang ada di sekeliling kapiler darah. Lihat Gambar 1. (Baca juga : Pembuluh Darah)

Pembuluh kapiler yakni pembuluh darah berbentuk Pintar Pelajaran Fungsi Pembuluh Kapiler Darah Manusia
Gambar 1. Struktur pembuluh kapiler
Oleh sebab kondisi suhu lingkungan dan materi kimiawi seperti histamin, diameter pembuluh kapiler ini sanggup berubah-ubah. Pengaruh efek temperatur/suhu lingkungan yang rendah, pembuluh kapiler sanggup mengalami penyempitan. Sebaliknya, apabila suhu lingkungan tinggi (naik) pembuluh kapiler sanggup membesar kembali. Nah, dari klarifikasi tersebut kita ketahui bahwa antara arteri, vena dan kapiler saling bekerja sama dalam mengedarkan darah. Ketiganya akan membentuk sistem organ dalam tubuh yang dinamakan sistem peredaran darah.

Anda kini sudah mengetahui Pembuluh Kapiler. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :
Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment