Saturday, April 13, 2019

Pintar Pelajaran Struktur Dan Fungsi Kelenjar Ludah Manusia

Struktur dan Fungsi Kelenjar Ludah pada Manusia - Bagian yang tidak kalah penting peranannya bagi pencernaan ialah kelenjar ludah (glandula saliva). Sekresi dari kelenjar ini berwujud air liur atau ludah (saliva). Letak kelenjar ludah ada pada beberapa bab dan masing-masing berjumlah sepasang. Misalnya saja, kelenjar ludah yang berada di bawah telinga atau glandula parotis. Fungsinya ialah menghasilkan ludah berbentuk cair dan mengandung enzim amilase. Selain kelenjar ludah tersebut, terdapat pula glandula submandibularis yakni kelenjar ludah yang berada pada rahang bawah dan glandula lingualis yang berada di bawah lidah. Fungsi kedua kelenjar ini ialah menghasilkan ludah yang mengandung air dan lendir. Enzim amilase atau enzim ptealin yang dihasilkan kelenjar ludah berfungsi mengubah zat tepung (amilum) menjadi zat gula (glukosa). Dengan demikian, ludah membantu proses pencernaan makanan secara kimiawi. Di samping itu, ludah sanggup menjaga temperatur rongga mulut, lalu juga membantu dalam proses penelanan masakan menuju esofagus. Makanan yang melewati esofagus berbentuk bolus. (Baca juga : Fungsi Rongga Mulut)
Bagian yang tidak kalah penting peranannya bagi pencernaan Pintar Pelajaran Struktur dan Fungsi Kelenjar Ludah Manusia
Gambar 1. Letak kelenjar ludah
Keterangan :
  1. Glandula parotis merupakan kelenjar ludah di bersahabat telinga, menyekresikan ludah yang mengandung enzim ptialin (amilase).
  2. Glandula submaksilaris merupakan kelenjar ludah di samping rahang atas, menyekresikan ludah yang mengandung air dan lendir.
  3. Glandula submandibularis merupakan kelenjar ludah di bawah lidah, menyekresikan ludah yang mengandung air dan lendir.
Anda kini sudah mengetahui Struktur Kelenjar Ludah dan Fungsi Kelenjar Ludah. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.
Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment