Saturday, April 27, 2019

Pintar Pelajaran Fungsi Pembuluh Vena Manusia

Artikel Makalah Ciri-ciri Pengertian Gambar Fungsi Pembuluh Vena pada Manusia - Pada dasarnya, fungsi pembuluh balik berkebalikan dengan pembuluh nadi. Pembuluh balik (vena) berfungsi mengalirkan darah dari seluruh badan menuju jantung. Bisa juga disebut, pembuluh balik ialah pembuluh darah yang berasal dari tubuh menuju jantung. Diameter pembuluh balik lebih besar daripada pembuluh arteri, yakni berkisar 25 mm. Pada badan manusia, kebanyakan pembuluh nadi terletak pada permukaan tubuh. Sehingga, pembuluh ini terlihat kebiru-biruan pada permukaan kulit. Pembuluh nadi mempunyai dinding arteri, sementara pembuluh balik terdapat dinding vena. Dinding vena juga tersusun atas 3 jaringan, mencakup jaringan ikat pada lapisan paling luar, jaringan otot yang sangat tipis dan kurang elastis/kurang kenyal di tengahnya, dan jaringan endotelium yang melapisi permukaan dalam vena. Perhatikan Gambar 1. (Baca juga : Fungsi Pembuluh Darah)

 fungsi pembuluh balik berkebalikan dengan Pintar Pelajaran Fungsi Pembuluh Vena Manusia
Gambar 1. Struktur pembuluh darah vena
Pada vena terdapat cabang yang dinamakan venula. Venula bercabang menjadi pembuluh yang lebih kecil lagi, yang disebut kapiler. Selain itu, terdapat vena yang berafiliasi secara langsung dengan jantung dan paru-paru. Pembuluh balik demikian dinamakan vena cava. Pada umumnya, darah yang mengalir pada vena mengandung banyak darah kotor kaya CO2. Kecuali vena pulmonalis, vena yang keluar membawa oksigen dari paru-paru. Oksigen yang dibawa vena pulmonalis ini akan dibawa kembali menuju jantung. Selain aneka macam pembuluh vena tersebut, berdasarkan letaknya, terdapat pula jenis pembuluh balik yang lain. Khususnya vena cava yang mempunyai dua jenis pembuluh, yakni vena cava superior dan vena cava inferior. Vena cava superior ialah pembuluh vena yang berasal dari organ-organ badan bab atas, menyerupai kepala, leher, dan rambut-rambut. Sedangkan vena cava inferior adalah pembuluh vena yang berasal dari organ-organ badan bagian bawah, menyerupai lambung, usus, hati, pankreas, paru-paru, ginjal, kaki, dan lain sebagainya.

Anda kini sudah mengetahui Pembuluh Vena. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :
Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment