Saturday, April 20, 2019

Pintar Pelajaran Sistem Peredaran Darah Pada Serangga (Insekta)

Sistem Peredaran Darah pada Serangga Belalang (Insecta) - Berbeda dengan cacing, sistem peredaran darah serangga tanpa melalui pembuluh darah. Maksudnya, peredaran darah pada serangga berupa sistem peredaran darah terbuka. Sebagai contoh, peredaran darah pada belalang. Alat peredaran darah belalang mencakup jantung dan pembuluh darah. Lihat Gambar 1. Belalang mempunyai jantung yang berbentuk tabung panjang dengan bagian-bagian gelembung pembuluh darah. Letak jantung belalang berada pada punggung, tepatnya di dalam bab homosoel yang memanjang. Bagian tersebut disebut sinus. Sedangkan pembuluh darah besar (aorta) meninggalkan jantung bab depan, belakang, dan seringkali bab bawahnya. Kemudian pembuluh darah tersebut menjadi cabang-cabang yang membawa hemolimfa ke banyak sekali organ dan jaringan-jaringan tubuh. Hemolimfa yakni cairan yang tersusun atas darah dan cairan interstisial. (Baca juga : Sistem Peredaran Darah pada Invertebrata)

 Alat peredaran darah belalang mencakup jantung Pintar Pelajaran Sistem Peredaran Darah pada Serangga (Insekta)
Gambar 1. Sistem peredaran darah terbuka pada belalang
Jantung akan memompa hemolimfa melalui pembuluh ke dalam sinus, sehingga terjadi pertukaran zat-zat antara hemolimfa dan sel. Hemolimfa kembali ke jantung melalui ostia, yang dilengkapi katup. Demikian seterusnya proses ini berlangsung. Pada belalang, darah tidak melaksanakan pertukaran oksigen (O2) dan karbondioksida (CO2). Namun, pertukaran ini dilakukan melalui sistem trakea. Karena itu, darah hanya mengangkut zat makanan/sari-sari makanan.

Anda kini sudah mengetahui Sistem Peredaran Darah pada Serangga. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :
Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment