Tuesday, April 9, 2019

Pintar Pelajaran Penyakit Sistem Pencernaan : Gangguan Atau Kelainan

Penyakit Sistem Pencernaan Manusia : Gangguan atau Kelainan - Ada beberapa gangguan atau kelainan yang sanggup terjadi pada sistem pencernaan kita. Ulasan berikut membahas beberapa gangguan atau kelainan tersebut. Baca juga : Sistem Pencernaan pada Manusia)

1. Gastritis

Gastritis yaitu merupakan suatu peradangan akut atau kronis pada lapisan mukosa (lendir) dinding lambung. Penyebabnya ialah penderita memakan masakan yang mengandung kuman penyakit. Kemungkinan juga lantaran kadar asam klorida (HCl) pada lambung terlalu tinggi.

2. Hepatitis

Hepatitis yaitu penyakit yang terjadi akhir infeksi virus pada hati. Virus sanggup masuk ke dalam badan melalui air atau makanan.

3. Diare

Diare yaitu penyakit yang terjadi lantaran adanya iritasi pada selaput dinding usus besar atau kolon. Feses penderita diare berbentuk encer. Penyebabnya yaitu penderita memakan masakan yang mengandung bakteri atau kuman. Akibatnya gerakan peristaltik dalam usus tidak terkontrol. Sehingga, laju masakan meningkat dan usus tidak dapat menyerap air. Namun, apabila feses yang dikeluarkan bercampur dengan darah dan nanah, kemudian perut terasa mulas, menunjukkan adanya tanda-tanda penyakit desentri. Penyebab nya yakni infeksi bakteri Shigella pada dinding usus besar.

4. Konstipasi

Sembelit atau konstipasi yaitu keadaan yang dialami seseorang dengan tanda-tanda feses mengeras sehingga susah dikeluarkan. Sembelit disebabkan oleh adanya perembesan air pada sisa makanan. Akibatnya, feses kekurangan air dan menjadi keras. Ini terjadi dari kebiasaan buruk yang menunda-nunda buang besar. Selain itu, juga karena kurangnya penderita mengonsumsi masakan berserat. Oleh karena itu, banyak makan buah-buahan dan sayuran berserat serta minum banyak air sanggup mencegah gangguan ini.

5. Apendisitis

Apendisitis yaitu gangguan yang terjadi lantaran peradangan apendiks. Penyebabnya ialah adanya infeksi kuman pada umbai cacing. Akibatnya, timbul rasa nyeri dan sakit.

6. Hemeroid/Wasir/Ambeyen

Hemeroid atau wasir/ambeyen yaitu gangguan pembengkaan pada pembuluh vena di sekitar anus. Orang yang sering duduk dalam beraktivitas dan ibu hamil seringkali mengalaminya gangguan ini.

7. Maag

Orang yang mengalami maag mempunyai ciri-ciri rasa perih pada dinding lambung, mual, muntah, dan perut kembung. Gangguan ini disebabkan meningkatnya kadar asam lambung yang dipicu karena pikiran tegang, contoh makan yang tak teratur, dan lain sebagainya.

8. Keracunan

Keracunan masakan sanggup terjadi lantaran efek beberapa bakteri semisal kuman Salmonela yang menjadikan penyakit demam tipus dan paratipus.

Anda kini sudah mengetahui Penyakit Sistem Pencernaan. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :
Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

No comments:

Post a Comment