Wednesday, April 17, 2019

Pintar Pelajaran Sistem Sirkulasi Darah Pada Serangga Insekta

Sistem Sirkulasi Darah pada Serangga Insekta - Serangga mempunyai alat sirkulasi darah terbuka yang terdiri atas jantung yang beruas-ruas dan aorta. Serangga tidak memiliki pembuluh kapiler dan vena. Perhatikan Gambar 1. Jantung memompa hemolimfa menuju aorta dorsal hingga jantung dalam keadaan kosong. Selanjutnya hemolimfa menuju hemocoel. Saat jantung berkontraksi, ostium menutup dan pada saat ketika jantung mengalami relaksasi, hemolimfa dialirkan kembali menuju jantung. (Baca juga : Sistem Peredaran Darah Terbuka)
Serangga mempunyai alat sirkulasi darah terbuka yang terdiri Pintar Pelajaran Sistem Sirkulasi Darah pada Serangga Insekta
Gambar 1. Diagram sistem sirkulasi darah terbuka pada serangga
Darah serangga tidak berwarna alasannya yakni tidak mengandung hemoglobin, tetapi mengandung hemosianin. Darah serangga hanya dipakai untuk mengangkut sari masakan dari usus ke seluruh tubuh. Darah serangga tidak dipakai untuk pengangkutan gas O2 maupun CO2. Pengangkutan gas O2 dan CO2 dilakukan oleh sistem trakea.

Anda kini sudah mengetahui Sistem Sirkulasi Darah pada Serangga. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :
Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

No comments:

Post a Comment